Analisis Pelestarian Bahan Pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 25 Bandung

Authors

  • Oom Nurrohmah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Miftahunnisa’ Igiriza Universitas Terbuka, Indonesia
  • Ani Suryani Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3327

Keywords:

pelestarian, Bahan Pustaka, Perpustakaan SMAN 25 Bandung, preservation, library materials

Abstract

This study aims to analyze how the preservation of library materials located in the library of SMA Negeri 25 Bandung is seen from the method of preserving library materials, damage factors, ways to overcome them, and the obstacles encountered in carrying out the preservation of library materials. The research method used is descriptive research method with a qualitative approach. Data collection techniques by way of observation, interviews and documentation. Informants in this study amounted to 2 people. The results showed that the library of SMA Negeri 25 Bandung had conserved library materials but had not been maximal in its implementation, done in a simple way where the library damage factors were human factors, physical factors, and natural disasters and how to overcome them by patching or pasting damaged pages if they are still damaged. suitable for use and move library materials to high places so that they are not exposed to standing water during floods. The obstacles faced are the lack of potential and linear human resources for libraries or librarians and rooms that are not too large and there is no place to store library materials that are no longer used.

Key words: preservation, library materials, SMAN 25 Bandung library

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelestarian bahan pustaka yang terletak di perpustakaan SMA Negeri 25 Bandung dilihat dari cara pelestarian bahan pustaka, faktor kerusakan, cara mengatasi, dan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pelestarian bahan pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan SMA Negeri 25 Bandung telah melakukan pelestarian bahan pustaka namun belum maksimal dalam pelaksanaannya, dilakukan dengan cara sederhana yang faktor kerusakan perpustakaannya yaitu faktor manusia, faktor fisika, dan bencana alam dan cara mengatasinya dengan menambal atau menempelkan halaman yang rusak apabila masih layak digunakan dan memindahkan bahan pustaka ke tempat tinggi agar tidak terkena genangan air saat banjir. Adapun kendala yang dihadapi adalah kurang sumber daya manusia yang berpotensi dan berlinier perpustakaan atau pustakawan dan ruangan yang tidak terlalu besar dan tidak ada tempat penyimpanan bahan pustaka yang telah tidak digunakan lagi.

References

Budiwirawan, G.N., & Krimayani, Ika. (2015). Analisis Pelestarian Koleksi Bahan Pustaka Tercetak Pascabencana Banjir di Perpustakaan Ceria, Desa Jleper, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak Pada Tahun 2013. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 1-9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9728/9449

Dewi, D. P., Syam, R. Z. A., & Indah, R. N. (2020). Pelestarian Koleksi Sastra Sunda di Perpustakaan Ajip Rosidi. NJILS: Nusantara Journal of Information and Library Studies, 3(2), 237-251. http://119.235.17.41/index.php/JILS/article/view/1063

Fahriansyah, M.A., & Indah, R.N. (2022). Analisis Penerapan Preservasi Kuratif Terhadap Bahan Pustaka di Perpustakaan Museum Konferensi Asia Afrika. Tadwin: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 52-56. https://doi.org/10.19109/tadwin.v3i1.14304

Fatmawati, E. (2017). Analisis Kebutuhan Pelestarian Bahan Perpustakaan Tercetak. PUSTABIBLIA: Journal of Librart and Information Science, 1(1), 7-27. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v1i1.7-27

Hasyim, M. (2017) Sistem Pelestarian Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4149/

Mawaddah, L. N. (2022). Analisis Pelestarian Koleksi Audio Visual terhadap Kebutuhan Informasi Siswa/Siswi pada Perpustakaan MAN 4 Aceh Besar. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusasalam Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21752

Martoatmodjo. (2015). Pelestarian Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nugrahini, N. (2019). Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah. https://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/MANAJEMEN-LAYANAN-PERPUST-SMP-LAB-2016.pdf

Ramadhan, S. Y. (2019). Analisis Pelestarian Bahan Pustaka Tercetak di Perpustakaan Kolese Santo Ignatius Yogyakarta. Jurnal Pustaka Ilmiah, 5(1), 844-854. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.34132

Rodin, R., & Kurnia, K. (2021). Analisis Pemeliharaan dan Pelestarian Bahan Pustaka di Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Swakarya Palembang. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 11-22. http://103.189.235.125/index.php/Kuttab/article/view/3630/2931

Shintia, C., Apriyani, E., Ardila, N., & Amran, A. (2019). Implementasi Pelestarian Bahan Pustaka di Perpustakaan SMA YPI Tunas Bangsa. Libraria, 7(1), 127-146. http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i1.4357

Sukmadinata, NS. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zelinan, G. M., Boham, A., & Lotulung, L. J. (2021). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BAHAN PUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33894

Published

2024-06-30

How to Cite

Oom Nurrohmah, Miftahunnisa’ Igiriza, & Ani Suryani. (2024). Analisis Pelestarian Bahan Pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 25 Bandung. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 103–112. https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3327

Issue

Section

Articles

Citation Check