UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI LATIHAN ARTIKULASI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II/B SLB NEGERI CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG

Penulis

  • Mimin Rusmini SLB Negeri Cileunyi
  • Nenden Dede Khoeriah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1120

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi, Anak Tunarungu, Latihan Artikulasi

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak tunarungu. PTK ini terdiri dari dua siklus yang terdiri empat kegiatan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Kegiatan penelitian dilaksanakan di Kelas Dasar II/B (Tunarungu) SLB Negeri Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian Tindakan Kelas ini berlangsung selama tiga bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan artikulasi dapat mempengaruhi terhadap kemampuan komunikasi anak tunarungu. Hal ini bisa dilihat dari hasil yang diperoleh selama penelitian,  dari nilai rerata siklus 1 sebesar 45, dan siklus 2 sebesar 75.

Referensi

DonaldFMoore, 1978. Educoting the Deaf, Psychology, Principle, and Practices. Boston U.S.A: Houghton Mifflin Company.

Edja Sadjaah dan Darjo Sukarja, 1995. Bina Bicara Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Depdikbud Dirjen Dikti.

Imas. Diana Aprilia, 2016. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu. Mendikbud Dirjen GTK Pusat Pengembangan dan Pemperdayaan PTK. TK & PLB.

Mulyasa, 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lani Bunawan, 1997. Komunikasi Total. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Muljono. A dan Sudjadi, 1994. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Permanarian. S dan Tati. H, 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Depdikbud. Dirjen Dikti.

Poerwadarminta. W.J.S, 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Samuel. A. Kirk & James. J. Gallagher, 1979. Educational Ecxeptional Children. Boston U.S.A: Houghton Mifflin Company.

Suharsimi Arikunto, 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi dan Moch. Talkah, 1988. Ortodidaktik Tunarungu Wicara untuk SGPLB. Jakarta. Depdikbud.

Tasmansyah, 1996. Gangguan Komunikasi. Padang: Dirjen. Pendasmen.

Diterbitkan

2021-07-24

Terbitan

Bagian

Articles