PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB YPLAB LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Penulis

  • Prinanda Gustarina Ridwan Universitas Islam Nusantara
  • Eny Koestini Universitas Islam Nusantara
  • Oom Komariah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i1.405

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa, Media Edukatif, Anak Tunarungu.

Abstrak

Anak tuna rungu adalah anak yang mengalami hambatan dalam pendengaran sehingga mengakibatkan kemampuan bahasanya terganggu. Kemampuan komunikasi sangat penting dalam suatu komunikasi. Dengan berbahasa orang dapat menyampaikan maksud tujuan dengan benar. Tetapi tidak dengan anak tunarungu. Dampak yang ditimbulkan dari kesulitan berbahasa anak akan terbatas dalam komunikasi, kesulitan pengucapan dan memahami arti, dll. Metode pengajaran yang kurang tepat juga bias menjadi faktor pemicu anak tunarungu kesulitan dalam berbahasa. Untuk itulah diperlukan suatu cara yang tepat agar anak tunarungu mampu meningkatkan kemampuan bahasa, sehingga anak tunarungu mampu melakukan komunikasi dan kemampuan bahasanya akan baik yaitu menggunakan media edukatif buku pop up. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek anak tunarungu kelas 2 SDLB sebanyak 2 orang yang bersekolah di SLB YPLAB Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan bahasa anak tunarungu menggunakan media edukatif buku pop up dengan tema benda sekitarku. Subjek A mampu menyebutkan, mengucapkan dan mampu menjelaskan benda secara sederhana melalui buku pop up. Subjek B mampu menyebutkan dan melafalkan benda sesuai dengan yang adapada media buku pop up. Anak tunarungu harus terus dirangsang dalam kemampuan bahasa agar perbendaharaan bahasa anak banyak dan mampumelafalkan bahasa dengan benar.

Referensi

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung :RemajaRosdakaya.

Montanato Ann (2011). a concise history of pop-up book and movable books. [online] Tersedia: www.library.unt.edu/rarebooks/popup

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian-Kualitatif. Bandung. Sinar Grafika.

Syaodih, NSukmadinata. (2004). Penelitian Pendidikan. Bandung: RemajaRosdaKarya.

Sugiyono. (2008). MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D.Bandung :Alfabeta.

(2010). Buku pop up. [online] Tersedia di:http://www.digilib.its.ac.id

Diterbitkan

2021-08-26

Terbitan

Bagian

Articles