Penguatan Kapasitas Pemasaran UMKM Rejosari melalui Pendekatan Branding Digital dan Desain Visual Canva
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3684Abstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Rejosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, dalam memanfaatkan pemasaran digital dan desain grafis menggunakan Canva. Permasalahan utama yang dihadapi oleh para mitra adalah rendahnya kemampuan promosi digital dan penggunaan media sosial sebagai saluran pemasaran. Kegiatan ini dilakukan secara partisipatif dan terstruktur mulai dari penilaian kebutuhan, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelatihan yang diberikan meliputi pembuatan konten promosi melalui visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa para peserta telah secara signifikan meningkatkan kemampuan mendesain, dan dasar-dasar branding. Program ini telah berhasil mendorong UMKM untuk secara aktif meningkatkan penggunaan media digital untuk memperluas jangkauan pasar bisnis. Implikasi dari tercapainya tujuan tersebut menunjukkan bahwa kombinasi antara pemasaran digital dan pelatihan branding visual merupakan strategi yang efektif untuk pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas.
Kata kunci : UMKM, pemasaran digital, Canva, pemberdayaan masyarakat, branding