Edukasi Keuangan Dan Bisnis Digital Strategi Membangun Kemandirian Financial Sejak Dini Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Desa Menur
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3673Abstrak
Kesenjangan literasi keuangan dan kurangnya pemahaman kewirausahaan digital di kalangan pelajar menjadi tantangan dalam membentuk generasi yang mandiri secara finansial. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan dan keterampilan kewirausahaan siswa melalui seminar interaktif dan pelatihan desain kemasan berbasis digital. Metode pelaksanaan meliputi saat pemaparan materi menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif, menggunakan metode retest-posttest untuk melihat pemahaman peserta sebelum dan sesudah literasi keuangan, workshop desain grafis menggunakan Canva. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pemahaman peserta sebelum dan sesudah kegiatan, serta peningkatan kreativitas dalam hasil karya desain kemasan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa edukasi literasi keuangan dan pelatihan desain grafis dapat secara efektif meningkatkan kesadaran dan kemampuan praktis siswa dalam menghadapi tantangan ekonomi digital, serta mendorong kemandirian dan semangat kewirausahaan sejak usia sekolah.