Edukasi Keuangan Dan Bisnis Digital Strategi Membangun Kemandirian Financial Sejak Dini Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Desa Menur

Penulis

  • Aqib Umar UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Cantika
  • Naili Sa’adah
  • Daimatul Ilma Luthfia
  • Zakiyya Zulfa
  • Lailin Faiza Ayuni
  • Chusniatun Nadhifah
  • Norma Ayuningrum
  • Nazalatun Najwa

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3673

Abstrak

Kesenjangan literasi keuangan dan kurangnya pemahaman kewirausahaan digital di kalangan pelajar menjadi tantangan dalam membentuk generasi yang mandiri secara finansial. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan dan keterampilan kewirausahaan siswa melalui seminar interaktif dan pelatihan desain kemasan berbasis digital. Metode pelaksanaan meliputi saat pemaparan materi menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif, menggunakan metode retest-posttest untuk melihat pemahaman peserta sebelum dan sesudah literasi keuangan, workshop desain grafis menggunakan Canva. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pemahaman peserta sebelum dan sesudah kegiatan, serta peningkatan kreativitas dalam hasil karya desain kemasan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa edukasi literasi keuangan dan pelatihan desain grafis dapat secara efektif meningkatkan kesadaran dan kemampuan praktis siswa dalam menghadapi tantangan ekonomi digital, serta mendorong kemandirian dan semangat kewirausahaan sejak usia sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-21

Cara Mengutip

Umar, A., Cantika Salma Azzahra, Naili Sa’adah, Daimatul Ilma Luthfia, Zakiyya Zulfa, Lailin Faiza Ayuni, … Nazalatun Najwa. (2025). Edukasi Keuangan Dan Bisnis Digital Strategi Membangun Kemandirian Financial Sejak Dini Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Desa Menur. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1), 32–40. https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3673

Terbitan

Bagian

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check