Optimalisasi Tri Pusat Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi, Inklusivitas dan Karakter Anak di Desa Narawita Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3643Abstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Nusantara di Desa Narawita Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, bertujuan untuk memperkuat literasi, pendidikan inklusif dan membentuk karakter anak melalui kolaborasi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tiga program utama dijalankan, yaitu BIMBARA (Bimbingan Belajar Narawita), Pelatihan pendidikan inklusif bagi para guru dan kader posyandu, serta seminar pencegahan bullying “Sawala Narawita”. Metode kegitan meliputi observasi lapangan, sosialisasi, pelatihan interaktif, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil program menunjukan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru dan masyarakat, dengan peningkatan skor post-test rata-rata sebesar 30% dibandingkan pre-test. Selain itu, kegiatan berhasil melibatkan lebih dari 100 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti perangkat desa, tenaga pendidik di SDN 01 Narawita, petani, pelaku UMKM, warga desa dan anak-anak. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis Tri Pusat Pendidikan efektif dalam menciptakan ekosistem belajar yang inklusif dan ramah anak, serta memiliki potensi untuk direplikasi dalam konteks desa lainnya.
Kata kunci: Bullying, Karakter Anak, KKN, Kolaborasi, Pendidikan Inklusif