OPTIMALISASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MELALUI PELATIHAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI

Penulis

  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3529

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh guru SD 2 Kesambi yaitu belum memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi dalam proses pembelajaran. Idealnya seorang guru harus mampu mengembangkan keterampilan mengajar terutama dalam memberikan pembelajaran yang bervariasi dengan menggunakan media yang menarik. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan media kuis interaktif berbasis gamifikasi wordwall. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 8 orang guru SD 2 Kesambi. Metode kegiatan pelatihan ini berupa sosialisasi (ceramah), praktik, diskusi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan tersebut telah terlaksana dengan baik. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap pembuatan dan penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbasis gamifikasi wordwall oleh guru SD 2 Kesambi. Pemahaman peserta sebelum pelatihan sebesar 49% menjadi 91% setelah pelatihan. Artinya peserta sebelumnya kurang begitu paham dengan aplikasi gamifikasi ini. Kemudian setelah pelatihan peserta mampu membuat media kuis interaktif. Dengan demikian, melalui pelatihan pembuatan media kuis interaktif guru dapat meningkatkan keterampilan mengajarnya.

Diterbitkan

2025-07-04

Cara Mengutip

Setiawaty, R. (2025). OPTIMALISASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MELALUI PELATIHAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3529

Terbitan

Bagian

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check