PEMBERDAYAAN GURU MTsS NURUL QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA BELAJAR DARI KANTONG PLASTIK

Penulis

  • Zuraini Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Eli Nofriati Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Husnidar Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Faizah M. Nur Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3144

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru di sekolah MTsS Nurul Qur’an Kabupaten Bireuen, Aceh adalah kurangnya pengetahuan dan kreativitas guru dalam mengembangkan media belajar sebagai pendukung proses pmbelajaran di kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi guru-guru MTsS Nurul Qur’an Kabupaten Bireuen dalam mengembangkan media belajar dengan kreativiitas sendiri menggunakan kantong plastik sehingga guru tidak hanya bergantung pada media belajar yang disediakan oleh sekolah namun juga dapat mengembangkan sendiri media belajar sesuai dengan materi yang diajarkan. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berupa pelatihan yang diikuti oleh guru-guru dari berbagai bidang studi yang berbeda. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari dalam 2 sesi. Dalam kegiatan ini peserta dilatih membuat media belajar dari kantong plastik bekas. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan berjalan dengan sukses dan peserta dapat membuat media belajar dengan baik dan unik.

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Zuraini, Eli Nofriati, Rahmi Hayati, Husnidar, & Faizah M. Nur. (2025). PEMBERDAYAAN GURU MTsS NURUL QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA BELAJAR DARI KANTONG PLASTIK . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3144

Terbitan

Bagian

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check