PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ABAD 21

Authors

  • Didin Wahidin

Abstract

Dengan semakin berkembangnya kemajuan manusia akibat makin manjunya ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21, berkembang pula paradigma berfikir manusia yang makin beragam. Hal ini juga mengakibatkan makin besarnya tantangan dunia pendidikan saat ini. Oleh karena itu, harus dipersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pendidikan di abad 21 yang berubah dan berkembang dengan cepat seiring dengan cepatnya yang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi. Cepatnya perubahan yang terjadi di dunia pendidikan diharapkan tidak menyebabkan kita tercerabut dari akar budaya yang telah kita warisi dari masa ke masa. Didasari latar belakang seperti itu maka selayaknya dikembangkan pendidikan yang berbasis kearifan lokal. Kearifan lokal itu antara lain dalam bentuk nilai, norma, kepercayaan, sumber daya alam, budaya dan adat istiadat, atau aturan-aturan yang menunjang pengembangan sumber daya manusia. Kearifan lokal itu diintegrasikan ke dalam berbagai kegiatan kependidikan baik kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler serta manajemen sekolah atau lembaga pendidikan. Adapun pembelajarannya dapat dilakukan dengan memilih strategi, pendekatan, metode dan teknik yang dianggap cocok untuk memasukkan kearifan lokal dalam berbagai bentuk.

References

Archipelago Economy. (2012). Unleashing Indonesias’ Potential McKinsey Global Institute.

Dewey, J. (1938). Experience and education. New York. Collier Books.

Florida, R., Millander, C., King, K.M., (2015). The Global Creativity Index. Martin Prosperity Institutes. Available online at http://martinprosperity.org/media/GlobalCreativity-Index-2015.pdf

Ilmi, D. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui ungkapan bijak Minangkabau. Islam Realitas, Journal of Islamic & social Studies. Vol.1.No.1 (2015). IAIN Bukittinggi.

Mannan, M.N. et al. (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk pengembangan karakter positif siswa SD. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol.2 No.2 (2015) e-journal.unsri.ac.id.

Saini K.M. (2005). Kearifan lokal di arus global. Harian Umum Pikiran Rakyat tanggal 30 Juli 2005.

Sternberg, R.J. (2006). Cognitive Psychology. Belmont, CA : Thomson Wadsworth.

Undang – undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003

Published

2017-01-07