PERAN PESANTREN DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DI TASIKMALAYA

Authors

  • Didin Wahidin

Abstract

Pada tahun 2045 atau kurang lebih tiga puluh tahun kedepan jika kelahirannya kita hitung sejak diproklamasikannya kemerdekaan, Indonesia akan memasuki usianya yang keseratus tahun atau seabad. Usia psikologis yang selayaknya menjadi tonggak sejarah gemilang Indonesia kedepan. kegemilangan Indonesia pada usia seratus tahun itu akan terwujudkan apabila kita benar benar secara serius mempersiapkannya pada berbagai bidang kehidupan karena kalau tidak serius mempersiapkannya maka jangan-jangan pada usia tahun 2045 itu mungkin dunia akan berkembang tanpa kita.

References

Barnadib, I. (1994). Filsafdat Pendidikan : Sistem dan Metoda. Yogyakarta: Ani Offset

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES

Habibie, B.J. (2012). Sumber daya manusia andalan masyarakat madani. Keynote Speech pada KONASPI VII UNY Yogyakarta

Mastuhu (1994). Dinamika system Pendidikan Pesantran: Suatu kajian unsur dan nilai system pendidikan pesantren. Jakarta: INIS

Rodliyah, S. (2014). Manajemen Pondok Pesantren berbasis pendidikan Karakter. Jurnal Cendikia, vol.12 no. 2 Juli-Desember 2014

Rostiana, R. (2007). Peranan Pondok pesantren KHZ Mustafa dalam perubahan perilaku keagamaan masyarakat. Tesis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sidik, U. (2013) Pengembangan Standarisasi pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Nadwa UIN Walisongo Semarang, vol. 7 No.1, April 2013

Tamam, B. (2009). Pesantren: Nalar dan Tradisi. Yogyakarta:Social agency baru

Tilaar, H.A.R., (2012). Perubahan Sosial an berbasis pendidikan karakter. Pendidikan, Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta:Rineka Cipta

Rafiq, A. (2014). Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan. Jakarta: Republika

Published

2015-01-01