PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARANA IPA

Authors

  • Didin Wahidin

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah diharapkan dapat membuat siswa menguasai konsep-konsep yang diajarkan, menguasai keterampilan proses IPA dan memiliki sikap ilmiah. Namun pada kenyataannya harapan itu tinggal harapan dan pembelajaran IPA masih dilakukan dengan pembelajaran yang masih berfokus pada segi kognitif, bersifat searah dan berpusat pada guru (teacher centered). Permasalahannya sangat kompleks, namun salah satu faktor penentunya adalah guru, antara lain pada pemilihan pendekatan pembelajaran di kelas yang dikelolanya. Di antara sekian banyak pendekatan pembelajaran. pendekatan inkuiri adalah pendekatan yang sangat potensial untuk mencapai tujuan utuh pembelajaran IPA.

References

Carin, A.A. & Sund, R.B. (1975). Teaching Science Through Discovery. Columbus : Charles E. Meril Publishing Co.

Fetters, M. & Beller, C. & Hickman, P. (2003). When is inquiry Problem Solving and When is Problem Solving Inquiry.

Http://homepages.wmich.edu/~mfetters/inquiry_P.S._AZ-R

Haury, D.L. (2002). Teaching Science Through Inquiry. [online]. Tersedia:

Http://www.ericse.org/digests/dse93-4.html (18-12-2002)

Hebrank, M. (2000). What Do We Mean by inquiry ?.[online]. Tersedia: Http://www.wresa.org/PbI/Inquiryhandout.htm (17-8-2003)

Hinduan, A.A. et al. (2001). The Development of Teaching and Learning Science Models at Primary School and Primary School Teacher Education. Bandung: Graduate Program- Indonesian University of education. [online].Tersedia:

Http://www.pages-yourfavorite.com/ppsupi/achmadhinduan.html (5-3-2003)

------------------- (2003). Meningkatkan kualitas SDM melaui pendidikan IPA. Makalah disampaikan dalam Seminar Himpunan sarjana pendidikan IPA Indonesia. Bandung:UPI

Ledbetter, C.E.(2003). Levels of Inquiry. http://www.utdallas.edu/dept/scied/torch/inquiry.html

Martin, M.O. et el. alih bahasa Suhendra Yusuf et al. (2007). Timmss 2003 International Science report, finding from IEA’s Trends in interntional Mathematics and Science study at the fourth and eight grades. Jakarta: Puspendik Depdiknas & IEA (International association for

the evaluation of educational achievement)

McDermot, L.C. (Ed.).(1991). Physics By Inquiry: Properties Of Matter..Washington: Physics

Education Group, Department of Physics, University of Washington.

---------------------------------- (1990). A perspective on teacher preparation in physics and other sciences: The need for special science courses for teachers. American Journal of physics. Vol. 58. hal: 734-742

-------------------------------- (1996). Physics by inquiry. New York: John Willey & Sons, Inc. [online]. Tersedia: http://www.phys.washington.edu/groups/peg/pbi.html (17-8-2003)

McDermot, L.C. & Shaffer, P.S. & Constantinou,C.P.(2000). Preparing teachers to teach physics and physical science by inquiry. Physics Education. 35(6).

Permendiknas No.16/2007 tentang Standar kualifikasi dan kompetensi Guru

Rustaman, N.Y. (2007). “Basic Scientific inquiry in science education and its assesment” dalam: Proceeding of the first International seminar on science education. Bandung: PPS IPA UPI.

Published

2015-01-01