Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Majalaya

Authors

  • Khansa Ayu Fatimah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2797

Keywords:

Supervisi Akademik, Kinerja Guru, PAI

Abstract

Dalam pelaksanaannya di lembaga pendidikan, supervisi masih menemui berbagai kendala baik itu dalam teknik penyampaian maupun intensitas pelaksanaan supervisi yang dilakukan belum ditetapkan dengan baik sehingga pengawas PAI masih insidental mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada guru PAI dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya? Bagaimanakah pengaruh supervisi akademis terhadap kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni, pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan guru PAI SD di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung mampu meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Adanya peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran, terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.87, kemudian pada siklus II menjadi 82.25 terjadi peningkatan sebesar 11.38. terjadi perubahan kategori penilaian pada siklus I kategorinya Cukup berubah menjadi Baik pada siklus II. Kemudian, persentase kemampuan guru pada siklus I sebesar 76.15% dengan kategori penilaian Cukup, sedangkan pada siklus II persentase kinerja guru PAI SD menjadi 86.07% dengan kategori penilaian Baik meningkat sebesar 7.92% dari siklus I.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2014) Pedoman Pembinaan Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Jakarta: Kemenag.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.

Kementrian Agama RI. Al Qur‟an dan Terjemahnya. (2012). Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia,

Peraturan Menteri Agama No. 2 tahun 2012

Peraturan Menteri Agama No. 31 tahun 2014.

Permendiknas No.16 tahun 2007

Riesminingsih. “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap kinerja guru SMA Yadika 3 Karangtengah”, Jurnal Mix, (Oktober 2013)

Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2011). Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jakarta: Binamita Publishing.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005

Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-04-20

Issue

Section

Articles