Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Majalaya
DOI:
https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2797Keywords:
Supervisi Akademik, Kinerja Guru, PAIAbstract
Dalam pelaksanaannya di lembaga pendidikan, supervisi masih menemui berbagai kendala baik itu dalam teknik penyampaian maupun intensitas pelaksanaan supervisi yang dilakukan belum ditetapkan dengan baik sehingga pengawas PAI masih insidental mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada guru PAI dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya? Bagaimanakah pengaruh supervisi akademis terhadap kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni, pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan guru PAI SD di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung mampu meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Adanya peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran, terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.87, kemudian pada siklus II menjadi 82.25 terjadi peningkatan sebesar 11.38. terjadi perubahan kategori penilaian pada siklus I kategorinya Cukup berubah menjadi Baik pada siklus II. Kemudian, persentase kemampuan guru pada siklus I sebesar 76.15% dengan kategori penilaian Cukup, sedangkan pada siklus II persentase kinerja guru PAI SD menjadi 86.07% dengan kategori penilaian Baik meningkat sebesar 7.92% dari siklus I.
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2014) Pedoman Pembinaan Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Jakarta: Kemenag.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.
Kementrian Agama RI. Al Qur‟an dan Terjemahnya. (2012). Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia,
Peraturan Menteri Agama No. 2 tahun 2012
Peraturan Menteri Agama No. 31 tahun 2014.
Permendiknas No.16 tahun 2007
Riesminingsih. “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap kinerja guru SMA Yadika 3 Karangtengah”, Jurnal Mix, (Oktober 2013)
Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2011). Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jakarta: Binamita Publishing.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005
Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Ulul Albab Jurnal Pendidikan Agama Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.