Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi

Authors

  • Shalma Nabila Faujiani STAI Al-Masthuriyah, Sukabumi
  • Rusman Nurdiansyah STAI Al-Masthuriyah, Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2796

Keywords:

Kewibawaan Guru, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kewibawaan guru PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 3) Untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional yang bersifat ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yakni 104 responden. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kewibawaan guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diperoleh dari hasil statistik uji regrensi dengan nilai t hitung sebesar 2.056 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regrensi mempunyai nilai sebesar 171, maka hipotesis penelitin ini terbukti yaitu “Kewibawaan guru PAI terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Keterbatasan penelitian ini adalah masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa  di SMP BP Al-Masthuriyah tetapi tidak diteliti di penelitian ini, seperti motivasi belajar, fasilitas sekolah dan persepsi peserta didik. Variabel-variabel tersebut disarankan untuk diteliti pada penelitian selanjutnya. Orisinalitas penelitian ini adalah belum ada penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi motivasi kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kewibawaan guru di SMP BP Al-Masthuriyah.

References

Amiruddin, A., Nurdin, N., & Ali, M. (2021). Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students ’Learning Interest. International Journal Of Contemporary Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.24239/ijcied.vol3.iss1.31

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Budiana, I. (2022). Menjadi Guru Profesional di Era Digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161.

Huda, M. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139.

Nisa, H. U., Nurbaeti, R. U., & Budiana, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1528–1535.

NISWAH, K. (2019). Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nurrohman, W. (2018). Pengaruh Kewibawaan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Dimadrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur. IAIN Metro.

Pidria, L., Ayu, N. G. S. N., & Qairani, Z. (2023). Pengaruh Kewibawaan Pendidik terhadap Peserta Didik dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 1–15.

Purwanto. (2019). Teori dan Praktik Manajemen Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Rowiya, N., & Natuna, D. A. (2022). Kewibawaan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Era Digital. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 6(1), T11–T11.

Saputra, I. (2017). Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Universitas Islam Negeri Makassar.

Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454

van Manen, M., & van Manen, M. (2020). Martinus J. Langeveld. In Classic Writings for a Phenomenology of Practice (hal. 94–101). Routledge.

Walid, A., & Taba, Y. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 89–107.

Wardan, K. (2022). Psikologi Pendidikan (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran). CV Literasi Nusantara Abadi.

Zakiah, K. (2005). Penelitian Etnografi Komunikasi : Tipe dan Metode. 56, 181–188.

Downloads

Published

2023-04-23

Issue

Section

Articles