Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung

Authors

  • Siti Arofah Fauziah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Endi Suhendi Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2795

Keywords:

Model Discovery Leaning, Regresi Linear Sederhana, Kemampuan Berfikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini berfokus pada masalah siswa yaitu siswa kurang mandiri saat proses pembelajaran dan hanya menunggu perintah guru, dan kurangnya pengetahuan bagaimana cara untuk kreatif dalam pembelajaran.tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui Model Discovery learning di SMP Negeri 49 Bandung 2) Untuk mengetahui  kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negei 49 Bandung 3) Untuk mengetahui pengaruh Model Discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik atau dalam pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan samppelnya menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif dan pengujian hipotesis uji t, untuk mengetahui besarnya pengaruh varabel tanggapan siswa tentang discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini yakni, hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (X) tanggapan siswa tentang model discovery learning mendapatkan hasil rata-rata sebesar (48,97) dengan di kategorikan cukup , hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (Y) kemampuan berfikir kreatif (49,43) di kategorikan cukup, Hasil dari pengujian statistik yang menggunakan SPSS 20 pada tanggapan siswa tentang model discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa diperoleh nilai t hitung nya = 2,025 < 2,048 = t tabel, dan sig. = 0,052 > 0,05 (5%) jadi Ho di terima, ini berarti tanggapan siswa tentang discovery learning tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif, berdasarkan besarnya R square 88%, jadi 88% di pengaruhi oleh sebab-sebab lain bukan dipengaruhi oleh model discovery learning.

References

Atmojo, I. R. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA 1. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 130–139.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. 35.

Jesika Dwi Putriani, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, 831–838.

Munandar, S. C. U. (1985). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: penuntun bagi guru dan orang tua. Gramedia.

Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of Critical Multiliteration Model With Radec Model on the Ability of Writing Explanatory Text. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445

Silins, H., & Mulford, B. (2010). Re-conceptualising school principalship that improves student outcomes. Journal of Educational Leadership, Policy and Practice, 25(2).

Solihat, I. S. R., & Sulastri, N. (2023). Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Hibrid di MIS Fitrah Insani Leles Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28–38.

Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.

Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454

Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.

Yusuf, M. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Atmojo, I. R. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA 1. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 130–139.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. 35.

Jesika Dwi Putriani, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, 831–838.

Munandar, S. C. U. (1985). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: penuntun bagi guru dan orang tua. Gramedia.

Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of Critical Multiliteration Model With Radec Model on the Ability of Writing Explanatory Text. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445

Silins, H., & Mulford, B. (2010). Re-conceptualising school principalship that improves student outcomes. Journal of Educational Leadership, Policy and Practice, 25(2).

Solihat, I. S. R., & Sulastri, N. (2023). Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Hibrid di MIS Fitrah Insani Leles Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28–38.

Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.

Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454

Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.

Yusuf, M. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Downloads

Published

2023-04-20

Issue

Section

Articles