Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur Siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang

Authors

  • Inu Susantika Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Hoerul Umam Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2794

Keywords:

Kompetensi Keprbadian, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Jujur

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya karakter jujur siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang. Bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung sekaligus upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam membentuk karakter jujur siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang yang masih belum dirasakan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi langkah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kompotensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di MTs Darul Hikmah meliputi beberapa indikator kompetensi kepribadian diantaranya jujur, tegas dan keteladanan. Untuk kompetensi kepribadan jujur diantaranya guru memberikan penilaian objektif, mengikuti pelatihan dan mengakui kekurangan, indikator tegas diantaranya menegur, mengambil keputusan dan berpakaian rapih dan untuk indikator keteladanan yaitu berpaikan bersih, rapih, mengucapkan salam dan hadir tepat waktu. dari beberapa indikator diatas sudah dilaksanakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter jujur di MTs Darul Hikmah Bojongsoang.Adapun (1) Faktor penghambat pembentukan karakter jujur siswa diantaranya: Faktor internal, meliputi: a. Kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya kejujuran,b. terbatasnya pengawasan dari sekolah dan c. faktor eksternal, meliputi: a. lingkungan keluarga dan b. lingkungan masyarakat (2) Faktor pendukung diantaranya: a. dorongan dari kepala sekolah, b. dedikasi guru terhadap tugas dan tanggung jawabnya, c. keteladanan guru. Upaya tahapan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter jujur siswa melalui kompetensi kepribadian guru meliputi: (1) Integrated Kurikulum, (2) Keteladanan (3) Pembiasaan (4) Bimbingan Konseling dan (5) Membangun tim peningkatan pembentukan karakter jujur pada siswa.

References

Alisuf Sabri. (2005). Pengantar Ilmu Pendidikan (1st ed.). UIN Jakarta Press.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Ar-Ruzz Media.

Choirul Fuad Yusuf. (2008). Pendidikan Agama Berwawasan Kerukunan. PT. Pena Citasatria.

Departemen Agama RI. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta). Lentera Optima Pustaka.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Dwi Siswoyo, d. (2013). Ilmu Pendidikan. UNY Press.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehar-hari. Remaja Rosdakarya.

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Janawi. (2012). Kompetensi Guru; Citra Guru Profesional. Alfabeta.

Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Graha Ilmu.

Lexi J Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.

Marselus, R. P. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. PT. Indeks.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Laksbang PRESSindo.

Nurdin, M. (2008). Kiat Menjadi Guru Profesional. Ar- Ruzz Media.

Sarmin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 122–123.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan (5th ed.). Alfabeta.

Usman, M. U. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahab, M. A. (2013). Selalu Ada Jawaban Selama Mengikuti Akhlak Rasulullah. Qultum Media.

Yulia. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Jujur Siswa di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. UIN STS Jambi.

Downloads

Published

2023-10-16

Issue

Section

Articles