Penggunaan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts SA As-Solehhiyah Bojongsoang

Authors

  • Elfina Yuliyanti Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Nur’ainiyah Nur’ainiyah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Siti Latifah Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2793

Keywords:

Model Think Pair Share (TPS), Berpikir Kritis, Akidah Akhlak.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang belum mampu memiliki keterampilan berpikir kritis. Juga berdasarkan data dan fakta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Dalam hal ini maka dibutuhkan penggunaan model Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) perbedaan kemampuan awal berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dan kelas IX eksperimen. 2) perbedaan kemampuan akhir berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share. 3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Tempat penlitian ini yaitu di MTs SA As-Solehhiyah Bojongsoang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik obervasi dan tes. Instrumen penelitian ini terdiri dari 12 soal yang diuji validitas dengan hasil nilai r hitung > r tabel 0.433 yaitu 11 soal yang dinyatakan valid, dengan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa hanya 11 variabel yang dinyatakan reliabel dengan nilai croanbach alpha 0,869 maka dinyatakan tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji independent sample t-test atau uji mann whitney u test), dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan awal berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dan kelas IX eksperimen, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan akhir berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share, dan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Darmawan, D. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (P. Latifah (ed.); ke 1). PT Remaja Rosdakarya.

Dina, I. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMAN 2.

Djamarah, Bahri, dan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fadhilaturrahmi, dan Masus. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2 (1).

Hamidah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Konfirmasi Keputusan Pelanggan Kelas X Pemasaran SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 1 (2).

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (ke 6). Pustaka Pelajar.

Isjoni, dan Ismail. (2012). Model-model Pembelajaran Mutakhir. Pustaka Pelajar.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Gramedia.

Pratama, dan Agustin. (2021). Keterampilan Berpikir Dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21 Kajian Teoretis dan Praktis Menuju Merdeka Belajar (N. F. Atif (ed.); Ke 1). PT Refika Aditama.

Purnomo, dan Supriyatno. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share ) dalam Pembelajaran. JPGSD, 01 (02).

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (ke 16). Prenadamedia Group.

Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (Abdul (ed.); ke 1). Penerbit Adab.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surayya, Subagia, D., dan Tika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Udi, E.A., dan Diana, C. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematic Education from Early Childhood to Hoigh School. Creative Education, 6.

Zakiah, dan Lestari. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.)). Erzatama Karya Abadi.

Zamroni., dan Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembangkan Critical Thinking. Depdiknas.

Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Inovation skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Zulherman, dan Pratiwi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intelectuality, Repetition (AIR) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4).

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Articles