PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGAKOMODASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Saskia Damayanti Wahab Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Dinny Mardiana Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ujmes.v8i1.2137

Keywords:

Student Worksheets, Problem-based Learning, Mathematical Communication Ability.

Abstract

The main objective of this research was develop student worksheets that accommodate mathematical communication ability. The development of student worksheet following the Plomp research methode, which consists of two phases : preliminary research phase, and developing or prototyping phase. The data collection instruments used in this study were: a validation sheet to measure the validity by expert, and a questionnaire to measure the level of practicality by students and teachers. The result showed that student worksheets with the model of problem-based learning had been the requirement and eligibility based on the material and media expert assessment. Based on the research, developing student worksheets with problem-based learning had been the criteria of being valid and practical.

References

Apriana, R. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berstruktur Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Armiati. (2009). Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung.

Depdiknas. (2006). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Pendidikan Umum dan Pendidikan Keagamaan): CV.Naga Jawa Berdikari.

Depdiknas. (2008). Kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32-42.

Ihsan, I.R., & Kosasih, U.(2018). Penelitian Pendahuluan Mengenai Desain Pembelajaran Terkait Berpikir Kombinatorial. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Suryakencana (MINATKU) : 131-136.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Panduan membuat bahan ajar buku teks pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mahmudah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Berbasis Scientific Tema Kayanya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Sd Negeri Mandirancan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Pansa, H. E., Caswita, C., & Suharsono, S. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3).

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press. Yogyakarta

Purnama, I. L., & Aldila, E. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dan team quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27-42.

Priatinik, P. (2022). Pengembangan lkpd pada materi persamaan kuadrat dan metode permainan kelompok untuk meningkatkan keaktifansiswa kelas 9 smp negeri 13 malang. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (SNMP) (Vol. 1, pp. 366-380). [13]

Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung kemampuan abad 21. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123-138. [14]

Rahmi, M., Yerizo, Y., & Musdi, E. (2017). Tahap preliminary research pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas viii mts/smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 237-246. [15].

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sahida, D., & Zarvianti, E. (2019). Development of Problem Based Learning (PBL) practicum guide to improve student Creative Thinking Skills (CTS) in basic physics subject. Journal of Educational and Learning Studies, 2(1), 39-44. [17]

Saryantono, B. & Noviyana, H., Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.Sudrajat, A., 2008. Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Sudijono, A. (2001). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sugandi, A. I., Sumarmo, U., & Sekolah Pascasarjana, U. P. I. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta (Vol. 27). [20]

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan model PBL menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1).

Supandi, R. DN, & Kusumaningsih, W.(2017). Peningkatan kemampuan komunikasi tertulis matematis melalui strategi think-talk-write. Jurnal Kependidikan, 1(2), 227-239.

Suyanto,S. dkk. (2011). Lembar Kerja Siswa. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Umbaryati, U. (2016, February). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225).

Downloads

Published

2023-01-30

Citation Check