PERANCANGAN APLIKASI TRANSAKSI DAN PELAPORAN DI CV. ANUGERAH NURTINDO NUSANTARA (ANN) BERBASIS WEB

Authors

  • Rizki Subagja
  • Dadan Rusmawan
  • A. Supriyadi Adung

Abstract

Kemajuan teknologi sangat pesat dengan penggunaan di berbagai kegiatan yang membantu tugas manusia. Salah satu contohnya adalah aplikasi berbasis web. Teknologi ini data dimanfaatkan untuk berbagai bidang contohnya pada bidang bisnis seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengendalian hama.Pemanfaatan atau penerapan teknologi dalam bidang bisnis dapat digunakan pada proses transaksi dan pelaporan. Proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena pada saat proses pengolahan data dan informasi yang menggunakan pemanfaatan aplikasi berbasis web yang saling terintegrasi dan terhubung pada satu Database yang menyimpan semua data yang akan digunakan oleh berbagai pihak atau bagian pada perusahaan yang bersangkutan dimanapun dan kapanpun karena terkoneksi dengan Internet. Aplikasi Transaksi dan Pelaporan yang dirancang dan dibangun pada penelitian ini menggunakan bahasa Hypertext Prepocessor(PHP). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Aplikasi Transaksi dan Pelaporan berbasis web sehingga dapat disimpulkan dengan dibangunnya sistem ini dapat membantu memudahkan proses transaksi dan pelaporan dan mengefisiensikan kinerja perusahaan

Metode SDLC dengan model incremental adalah metode yang berupa gaungan dari elemen pada model waterfall atau sequential linear dengan paradigm didalam model prototype yang mengadung iteratif.

Tujuan penelitian adalah merancang dan membangun aplikasi agar proses transaksi di pelaporan di CV. Anugrah Nurtindo Nusantara (ANN) lebih efektif dan efisien.

Hasilnya adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai proses transaksi dan pelaporan di CV. Anugrah Nurtindo Nusantara (ANN).

 

Kata Kunci : Aplikasi Transaksi dan Pelaporan, Perusahaan Pengendalian Hama, Hypertext Prepocessor (PHP).

Author Biographies

Rizki Subagja

STT Pratama Adi

Dadan Rusmawan

STT Pratama Adi

A. Supriyadi Adung

STT Pratama Adi

References

Afriansyah, R. (2020) ‘Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Transaksi Penjualan Dengan Multilokasi dan Multi Harga Produk Pada Konter’, 12(02).

Amaliyah, A. et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode Waterfall’, Telematika, 3(1), pp. 1–14.

Ani Amaliyah, A.W. (2016) ‘Pendidikan dan Pelatihan Komputer Dalam Peningkatan Kualitas Guru Di Kecamatan Sukasari Sumedang’, 6(530), pp. 38–49.

Deden Rusmana, Ani Amaliyah, A.S.A. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Invoice Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website’, 3.

Endang Tasli Susandi, Ani Amaliyah, N.N. (2014) ‘Manajemen Kapasitas Layanan ITIL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI Di Puskom PTS Di Jabar’, pp. 24–29.

Hidayati, N. et al. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Invoice Pada PT PMBT Rowasia Berbasis Desktop’, Jurnal Ilmiah Sekolah TInggi Teknologi Informasi NIIT, 17(2), pp. 64–70.

Kurnia Fitriani, Isbandi, A.A. (2021) ‘Perancangan Sistem Manajemen Dokumen Dengan Menggunakan Metode Text Mining’, 3, pp. 45–59.

Ramadhani, A.R. and Bunyamin (2017) ‘Perancangan Aplikasi Persediaan Barang dan Transaksi Penjualan Barang di Alya Store’, Jurnal Algoritma, 13(2), pp. 284–390. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-2.384

Subianto (2021) ‘Perancangan Sistem Pengelolaan Dokumen Invoice Berbasis Web’, Informasi Komputer Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), pp. 951–952.

Sukmansyah, H.N. et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Panduan Fitness Dengan Metode Waterfall Berbasis Android Pada Smartphone’, 3, pp. 15–28.

Sunandi, E.T. and Amaliyah, A. (2016) ‘Implementasi Manajemen Kapasitas Layanan Dengan Framework IT-IL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI pada Puskom PTS Di Jabar’, Jurnal Komputer, pp. 1–7. Available at: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/117.

Ulva, N. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Human Resources Information System Dengan Metode Alphabetical And Chronology Berbasis Web Pada Departemen Finishing 3 PT. Kahatex’, Telematika, 3, pp. 1–13.

Published

2021-07-03

Issue

Section

Articles