PERANCANGAN APLIKASI INVOICE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE DI CV. ANUGERAH NURTINDO NUSANTARA (ANN)

Authors

  • Dadan Rusmawan
  • Ani Amaliyah
  • A. Supriyadi Adung
  • Yadi Suryadi
  • Hasna Latifah
  • Rizki Subagja

Abstract

Teknologi informasi sangat penting disegala bidang, termasuk pada bidang penyedia barang atau jasa. Invoice adalah suatu dokumen yang di gunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice berisi tentang perincian transaksi penjualan dan pembelian. CV. Anugerah Nurtindo Nusantara (ANN) merupakan salah satu perusahaan yang bergetak pada bidang jasa pengedalian hama. Perusahaan tersebut melakukan berbagai macam transaksi pembelian dan penjualan yang membutuhkan data dengan cepat dan up to date. Dengan sistem yang manual kemungkin terjadinya keterlambatan dalam pelaporan transaksi pembelian dan penjualan  sering terjad.  Sehingga  pelaporan transaksi pembelian dan penjualan menjadi lama.

Perancangan aplikasi invoice adalah perancangan aplikasi yang merancang bagaimana transaksi tersebut menjadi terprogram dengan baik. Pada perancangan aplikasi invoice ini di gunakan metode waterfall.

Metode waterfall adalah mtode pengembangan perangkat lunak yang berisi langkah- langkah yang terurut yang di mulai dari analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem informasi, perancangan struktur tabel basis data, perancangan antarmuka, serta implememntasi.

Tujuan penelitian adalah menghasilkan rancangan aplikasi invoice yang dapat di gunakan untuk menghasilkan laporan pembelian dan penjualan dengan cepat dan up to date.

Hasilnya adalah aplikasi invoice berbasis website yang diharapkan dapat memcepat proses pelaporan pembelian dan penjualan.

 

Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Invoice, Waterfall.

Author Biographies

Dadan Rusmawan

STT Pratama Adi

Ani Amaliyah

Universitas Islam Nusantara

A. Supriyadi Adung

STT Pratama Adi

Yadi Suryadi

STT Pratama Adi

Hasna Latifah

STT Pratama Adi

Rizki Subagja

STT Pratama Adi

References

Amaliyah, A. et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode Waterfall’, Telematika, 3(1), pp. 1–14.

Ani Amaliyah, A.W. (2016) ‘Pendidikan dan Pelatihan Komputer Dalam Peningkatan Kualitas Guru Di Kecamatan Sukasari Sumedang’, 6(530), pp. 38–49.

Endang Tasli Susandi, Ani Amaliyah, N.N. (2014) ‘Manajemen Kapasistas Layanan ITIL Dalam Rencanga Infrastruktur TI Di Puskom PTS Di Jabar’, pp. 24–29.

Hidayati, N. et al. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Invoice Pada PT PMBT Rowasia Berbasis Desktop’, Jurnal Ilmiah Sekolah TInggi Teknologi Informasi NIIT, 17(2), pp. 64–70.

Kurnia Fitriani, Isbandi, A.A. (2021) ‘Perancangan Sistem Manajemen Dokumen Dengan Menggunakan Metode Text Mining’, 3, pp. 45–59.

Malays, E. and Sakti, S. (2021) ‘Pengembangan Fitur Invoice Pada Aplikasi Jasa Titip Berbasis Android’, Tekinfo, 22(2), pp. 35–39.

Subianto (2021) ‘Perancangan Sistem Pengelolaan Dokumen Invoice Berbasis Web’, Informasi Komputer Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), pp. 951–952.

Sukmansyah, H.N. et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Panduan Fitness Dengan Metode Waterfall Berbasis Android Pada Smartphone’, 3, pp. 15–28.

Sunandi, E.T. and Amaliyah, A. (2016) ‘Implementasi Manajemen Kapasitas Layanan Dengan Framework IT-IL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI pada Puskom PTS Di Jabar’, Jurnal Komputer, pp. 1–7. Available at: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/117.

Ulva, N. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Human Resources Information System Dengan Metode Alphabetical And Chronology Berbasis Web Pada Departemen Finishing 3 PT Kahatex’, Telematika, 3, pp. 1–13.

Yulianto, A. and Ariani, A. (2020) ‘Perancangan Sistem Informasi Pembuatan E-Invoice Pada PT. Hasta Perkasa Graha Berbasis Web’, REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 4(2), p. 39. https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10555.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles