PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN BOOKING PENDAFTARAN PASIEN DENGAN METODE ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE BERBASIS ANDROID PADA KLINIK AFIATI SOREANG

Authors

  • Mustopa Mustopa
  • Ani Amaliyah
  • Soecipto Soecipto

Abstract

Teknologi informasi (TI) sangat besar manfaatnya pada segala bidang, termasuk bidang kesehatan. Klinik Afiati yang berada di daerah Soreang, dimana klinik tersebut merupakan salah satu tempat berobat yang memang setiap harinya penuh oleh pasien yang melakukan pengobatan, dan di klinik tersebut untuk system antriannya masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan kartu antrian sehingga harus antri lama. Maka dari itu dibutuhkan suatu alat bantu untuk bisa mengatasi permasalahan antrian supaya proses pelayanan pasien bisa di lakukan secara teratur, tertib dan rapih.

Sistem aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari satu tempat ketempat lain  tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi. Sistem aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari satu tempat ketempat lain  tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi.

Metode yang dilakukan adalah metode Antrian Multi Channel Single Phase, yaitu metode yang dapat  mengetahui apakah sistem pelayanan yang ada sudah mencapai suatu keadaan yang optimal atau belum. Informasi yang ditampilkan meliputi cara pengambilan antrian dan melihat nomor antrian, untuk disisi user. Aplikasi ini menggunakan android studio dan Mysql.

Tujuannya adalah menghasilkan rancangan aplikasi pelayanan booking pendaftaran pasien dengan metode antrian multi channel single phase berbasis android pada klinik afiati soreang.

Hasilnya adalah aplikasi pelayanan booking pendaftaran pasien dengan metode antrian multi channel single phase berbasis android untuk pengambilan nomor antrian pendaftaran dan  mempermudah pelayanan.

 

Kata Kunci : Perancangan,  Aplikasi, Metode Antrian Multi Channel Single Phase ,  Klinik Afiati Soreang.

Author Biographies

Mustopa Mustopa

Universitas Islam Nusantara

Ani Amaliyah

Universitas Islam Nusantara

Soecipto Soecipto

Universitas Islam Nusantara

References

Herry Nurfajar, Soecipto, Ani Amaliyah (2021) Perancangan Aplikasi Panduan Fitness Dengan Metode Waterfall Berbasis Android pada Smartphone, Telematika pp. 15-27.

Deri, Soecipto, Ani Amaliyah (2021) Perancangan Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Mikrotik Router Pada Management Bandwith Di CV. Algi Pin Bandung, Telematika pp.28-44.

Nurjaya Al-Kholis, H., Nursanti, E. and Priyasmanu, T. (2018) ‘Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan’, Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), pp. 14–19. https://doi.org/10.36040/jtmi.v4i1.202.

Sya’diyah, E. and Suryowati, K. (2017) ‘Analisis Sistem Antrian Pada Pelayanan Teller Di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal’, Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 2(1), pp. 12–20.

Kurniati, R. and Jaroji, J. (2018) ‘Sistem Antrian Multi Channel Rumah Sakit Berbasis Web’, INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 3(2), p. 140. https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.827.

Susandi, E.T. and Amaliyah, A. (2018) ‘Monitoring Manajemen Kapasitas Layanan Dalam Perencanaan Penyusunan Infrastruktur Teknologi Informasi Menggunakan Framework It-Il Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Barat’, Jurnal Petik, 3(1), p. 1. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.351.

Farid, M., Dwi Susanto, T. and Shifia Nisafani, A. (2013) ‘Pembuatan Sop Menurut Permenpan No . 52 Tahun 2011 Dengan Best Practice Cobit 5 Dan Itil V3’, Sesindo 2013, (52), pp. 2–4.

Fridayanthie, E.W. (2017) ‘Sistem Informasi Antrian Konsumen Berbasis Desktop Pada PT Wom Finance Kemayoran Jakarta’, Jurnal Swabumi, 5(2), pp. 99–103.

Hidayat, F.N. and Al Amin, I.H. (2019) ‘Implementasi Metode First in First Out (Fifo) Untuk Analisa Sistem Antrian Pengaduan Pelanggan Internet Service Provider (Isp)’, Dinamik, 23(2), pp. 73–79. https://doi.org/10.35315/dinamik.v23i2.7180

Purba, A. and Taufik, I. (2018) ‘Penerapan Sistem Antrian Registrasi dengan Metode Multi Channel-Multi Phase’, Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 1(2), pp. 67–74. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.244.

Amaliyah, A. Soecipto et al. (2021) ‘Perancangan Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode Waterfall’, 3, pp. 1–14.

Kurnia, Isbandi, Ani Amaliyah. (2021) 'Perancangan Sistem Manajemen Dokumen Dengan Menggunakan Metode Text Mining Di Kanto Kelurahan Sekejati', Telematika, pp. 45-59.

Mahessya, R.A. (2017) ‘Pemodelan Dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Padang’, Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), pp. 15–24.https://doi.org/10.33060/jik/2017/vol6.iss1.41.

Maiyana, E. (2018) ‘Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa’, Jurnal Sains dan Informatika, 4(1), pp. 54–65. https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409.

Mango, A.S. and Manongga, D. (2017) ‘Sistem Antrian Online PT. Bank Negara Indonesia TBK Kantor Cabang Parigi’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(2), pp. 217–230. https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i2.583.

Widharma, I.G.S. (2017) ‘Perancangan Simulasi Sistem Pendaftaran Kursus Berbasis Web Dengan Metode Sdlc’, Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 7(2), p. 38. https://doi.org/10.31940/matrix.v7i2.527.

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles