PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER PADA MANAGEMENT BANDWIDTH DI CV. ALGI PIN BANDUNG

Authors

  • Deri Andriyana Juhana
  • Soecipto Soecipto
  • Ani Amaliyah

Abstract

Teknologi Informasi (TI) sangat besar manfaatnya di segala bidang, termasuk bidang pemerintahan, lembaga pendidikan maupun perusahaan swasta. Perkembangan TI juga  diiringi dengan perkembangan sistem jaringan yang sangat pesat pula. Selain menggunakan komputerisasi, banyak instansi pemerintahan, lembaga pendidikan maupun perusahaan swasta yang sudah memanfaatkan sistem jaringan guna kelancaran aktifitas kerjanya.

Saat ini perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang non TI membutuhkan TI dalam mencapai tujuan bisnisnya. Sistem keamanan jaringan yang baik adalah sistem kemanan jaringan yang dapat memberikan kemanan terhadap jaringan komputer yang dimiliki perusahaan tersebut yang juga dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.  Begitupun dengan management bandwidth harus di lakukan perencanaan yang baik agar dapat di gunakan secara maksimal oleh pengguna jaringan komputer tersebut.

CV. Algi Pin merupakan suatu unit usaha persekutuan komandinter yang bergerak pada bidang produksi pin PILKADA. Permasalahan yang terjadi pada CV. Algi Pin adalah terletak pada jaringannya yang  kurang terstruktur dan koneksi internet yang lambat, belum adanya pembagian bandwidth tiap access point serta pembagian bandwidth untuk kepentingan user yang berbeda belum tertata dengan baik dan menyebabkan hak akses yang belum optimal, permasalahan selanjutnya adalah akses ke perangkat wifi jaringan,  dimana untuk login ke jaringan hanya menggunakan keamanan berbasis Wired Equivalent Privacy (WEP) yang penulis rasa keamanan tersebut belum cukup optimal.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Model pengembangan jaringan komputer yang  di gunakan adalah Network Development Life Cycle (NDLC).

Tujuan  adalah menghasilkan rancangan sistem keamanan jaringan menggunakan mikrotik router  pada management bandwidth, dan pengoptimalan sistem keamanan login jaringan di CV Algi Pin agar lebih aman bagi para user.

 

Kata kunci: Perancangan, Sistem Keamanan Jaringan, Mikrotik Router Box, Manajemen Bandwidth, Network Development Life Cycle.

Author Biographies

Deri Andriyana Juhana

Universitas Islam Nusantara

Soecipto Soecipto

Universitas Islam Nusantara

Ani Amaliyah

Universitas Islam Nusantara

References

Amaliyah, A. Soecipto, et al. (2021) ‘Perancangan aplikasi absensi pegawai menggunakan metode waterfall’, 3, pp. 1–13.

Herry Nurfajar, Soecipto, Ani Amaliyah (2021) Perancangan Aplikasi Panduan Fitness Dengan Metode Waterfall Berbasis Android pada Smartphone, Telematika pp. 1-12.

Aji, S.W. and Kharisma, R.S. (2019) ‘Manajemen User Dan Pengelolaan Bandwidth Pada Jaringan Hotspot Menggunakan Router Mikrotik’, Information Tehnology Journal, 1(2), pp. 1–5.

Ardianto, F., Alfaresi, B. and Yuansyah, R.A. (2018) ‘Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Menggunakan Metode Otentikasi Pengguna’, Jurnal Surya Energy, 2(2), p. 167.

Dewi, L.C.K. and Rachmawati, R.Y. (2018) ‘ANALISIS MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE PCQ DENGAN MIKROTIK 951Ui-2HnD’, Jurnal Jarkom, 6(1), pp. 24–34.

Doni, F.. (2015) ‘Optimalisasi Jaringan Wireless Dengan Router Mikrotik Studi Kasus Kampus Bsi Tangerang’, 175.45.187.195, II(1), p. 31124.

Febriyanti, E., Raharjo, S. and Sholeh, M. (2017) ‘Perbandingan Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode FIFO (First In First Out) dan PCQ (Peer Connection Queue) Pada Router Mikrotik (Studi Kasus Pada Laboratorium Komputer Jaringan, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta)’, Jurnal JARKOM, 5(2), pp. 89–98.

Idrus, A. (2016) ‘Sistem Monitoring Jaringan PT. Exhibition Network Indonesia Dengan The Dude Berbasis Mikrotik’, Informatics for Educators and Professionals, 1(1), p. 234408.

Muklas, Supendar, H. and SW, S. (2020) ‘Optimalisasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Metode Filtering Dan Manajemen Bandwith Pada PT. Intav Prima Solusindo’, Tekinfo, 21(1), pp. 104–111.

Ontoseno, R.D.H., Haqqi, M.N. and Hatta, M. (2017) ‘Limitasi Pengguna Akses Internet Berdasarkan Kuota Waktu Dan Data Menggunakan Pc Router Os Mikrotik’, Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), p. 125. https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.134.125-130.

Pratama, A.A., Susilo, B. and Coastera, F.F. (2018) ‘Manajemen Bandwidth Dengan Queue Tree Pada Rt / Rw-Net Menggunakan Mikrotik’, Rekursif, 6(2), pp. 31–42.

Saniya, Y., Priyono, W.A. and Ambarwati, R. (2013) ‘Sistem Manajemen Bandwidth dengan Prioritas Alamat IP Client’, Jurnal Penelitian, pp. 1–6.

Sujalwo, S. (2011) ‘Manajemen Jaringan Komputer dengan Menggunakan Mikrotik Router’, Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 2(2), pp. 32–43.

Published

2021-07-06

Issue

Section

Articles