PERANCANGAN APLIKASI ABSENSI PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Authors

  • Ani Amaliyah
  • Soecipto Soecipto
  • Nurhartinah Ulva
  • Herry Nurfajar Sukmansyah
  • Deri Andriyana Juhana

Abstract

Teknologi informasi (TI) sangat besar manfaatnya dalam segala bidang, termasuk bidang ketenagakerjaan. Tenaga Kerja adalah setiap orang yang bekerja dan menghasilkan suatu hasil dari pekerjaan nya baik berupa barang ataupun jasa.  PT. Kahatex merupakan pabrik yang bergerak di bidang tekstil. Kebijakan absensi pegawai merupakan bagian dari pedoman human resource development (HRD) perusahaan.  Absensi pegawai di PT. Kahatex masih dilakukan secara manual. Kegiatan ini dapat menyebabkan terjadinya kesalahan – kesalahan dalam pencatatan. Oleh karenanya  dirancang  aplikasi untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Perancangan aplikasi absensi pegawai  adalah perancangan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pencatatan data pegawai, daftar hadir pegawai, serta untuk membuat laporan kehadiran pegawai.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode system development life cycle (SDLC) dengan model waterfall. Dengan tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan sistem yang akan di rancang, perancangan aplikasi absensi pegawai serta implementasi.

Tujuan penelitian adalah menghasilkan rancangan aplikasi dengan gambaran use case diagram, activity diagram dan sequence diagram yang menggambarkan bagaimana proses perancangan aplikasi absensi pegawai dirancang.

Hasilnya adalah perancangan aplikasi untuk input data pegawai, input data kehadiran pegawai dan laporan kehadiran pegawai, yang selanjutnya dapat digunakan untuk manajemen tingkat pengambilan keputusan dalam menentukan penilaian dan kinerja para pegawainya. 

 

Kata Kunci: Perancangan, Aplikasi, Absensi Pegawai, PT.Kahatex.

 

Author Biographies

Ani Amaliyah

Universitas Islam Nusantara

Soecipto Soecipto

Universitas Islam Nusantara

Nurhartinah Ulva

Universitas Islam Nusantara

Herry Nurfajar Sukmansyah

Universitas Islam Nusantara

Deri Andriyana Juhana

Universitas Islam Nusantara

References

Endang Tasli Susandi, Ani Amaliyah, N.N. (2014) ‘MANAJEMEN KAPASITAS LAYANAN ITIL DALAM PENYUSUNAN RENCANA INFRASTRUKTUR TI DI PUSKOM PTS DI JABAR’, pp. 24–29.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 (2003) ‘UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2003’, Demographic Research, 49(0), pp. 1-33 : 29.

Sunandi, E.T. and Amaliyah, A. (2016) ‘Implementasi Manajemen Kapasitas Layanan Dengan Framework IT-IL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI pada Puskom PTS Di Jabar’, Jurnal Komputer, pp. 1–7. Available at: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/117.

Dwinda Etika Profesi, H. (2018) ‘ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) Analysis And Design Of Employee Information System Use Unified Modeling Language (UML)’, Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi „, x, No.x(1), pp. 22–33.

Subiantoro and Sardiarinto (2018) ‘Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web’, Jurnal Swabumi, 6(2), pp. 184–189.

Putra, M.R.D. (2015) ‘Pengembangan Fitur Absensi Pada Aplikasi Human Resources Information System (HRIS)’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. [Preprint].

Novianti, T. and Lestari, G.S. (2018) ‘Rancang Bangun Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Pada Pt. Xyz’, Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 7(2), pp. 87–93. https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1676.

Pratama, A.P., Yasin, V. and Sianipar, A.Z. (2021) ‘Perancangan aplikasi sistem presensi karyawan berbasis web di PT. PWS Reinsurance Broker Indonesia’, Jurnal Widya, 2(2), pp. 115–128. https://doi.org/10.54593/awl.v2i2.24.

Ambo, S.N. and Muhamad, G. (2015) ‘Rancang Bangun Aplikasi Human Resource Information System (HRIS) Menggunakan Metode View Controller (MVC)’, Universitas Muhammadiyah Jakarta, (November), pp. 1–7. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/539/505.

Fahmi, M.H. and Sar, N.P. (2018) ‘Pengembangan Human Resource Information System (HRIS) untuk Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi’, JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 03(02), pp. 1–12. Available at: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/viewFile/3329/1846.

Jonni, M. and Husain, S.M. (2016) ‘Perancangan Aplikasi Human Resource Information System’, Jurnal Teknik, 5(2), pp. 102–108.

Published

2022-07-29

Issue

Section

Articles