Perancangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sebagai Penguatan Mutu Program Studi

Authors

  • Ani Amaliyah Fakultas Teknik Informatika, Universitas Islam Nusantara

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran program studi, termaktub dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Pasal 1. Perancangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sebagai Penguatan Mutu Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Nusantara bertujuan untuk merancang kurikulum berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) sebagai penguatan mutu program studi (Prodi) dalam meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI, sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dan peluang kehidupan dan siap bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data berupa dokumen, wawancara, observasi, dan kuisioner. Tahap perancangan kurikulum yang akan dilakukan adalah merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan melakukan analisis kurikulum yang berjalan, analisis SWOT, penetapan visi keilmuan prodi, kebijakan perguruan tinggi dalam pengembangan prodi, melakukan analisis kebutuhan perancangan, dengan mempertimbangkan masukan dari stakeholder, asosiasi profesi/keilmuan, penetapan profil lulusan, penetapan kemampuan yang diturunkan dari profil, serta merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Selanjutnya adalah pembentukan mata kuliah dengan cara pemilihan bahan kajian dan materi pembelajaran, penetapan mata kuliah beserta besaran sks mata kuliahnya, serta penyusunan mata kuliah dalam struktur kurikulum. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen kurikulum Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Uninus. Kata Kunci --- Capaian Pembelajaran Lulusan, Profil Lulusan, Kurikulum.

References

Presiden Republik Indonesia. (10 Agustus, 2012). Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Nomor12 Tahun2012. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015, Desember28). Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44. Jakarta, Indonesia: Kemenristekdikti.

Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Tahun 2016.

Presiden Republik Indonesia. (17 Januari, 2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor8 Tahun2012. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Menteri Hukum dan HakAsasi Manusia Republik Indonesia.

Ali Akbar Jono, Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di LPTK Se-Kota Bengkulu, Manhaj, Vol. 4, Nomor 1, Januari – April 2016.

Casmini, Evaluasi Dan Peninjauan Kurikulum BKI Berbasis KKNI, Casmini, Jurnal Hisbah, Vol. 11, No. 1, Juni 2014.

Nurjannah Nurjannah, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam [p-ISSN:14121743 | e-ISSN: 2581-0618], Vol 14, No 1 (2017) DOI: https://doi.org/10.14421/hisbah.2017. 141-08.

Febrita Ardianingsih, Siti Mahmudah, Edy Rianto, Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo, Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) , E-ISSN: 2527-6891, vol 2, No 1 (2017), DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30.

Direja, Ardi Cahya (2017), Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-22

Issue

Section

Articles