Analisis dan Perancangan Sistem Digitalisasi Sales Executive Pada Perusahaan Distribusi PT XYZ

Authors

  • Rahmi Rismayani Deri Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rafika Ratik Srimurni Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Darwin Nahwan Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Silvy Sondari Gadzali Universitas Subang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/teknu.v4i1.2423

Abstract

PT XYZ  adalah perusahaan multinasional  produsen produk consumer good yang didistribusikan oleh perusahaan cabang PT XYZ. Proses pendistribusian produk dilakukan oleh Sales Area ke saluran distirbusi Wholesaler, Modern Market dan Retail . Proses pendistribusian di area dilaksanakan secara langsung oleh Sales Executive dibawah kontrol Supervisor sales dan dipimpin seorang manajer area. Selama ini proses pendistribusian dilaksanakan dengan masnual dengan worksheet dan diinput secara manual. Saat ini perusahaan melakukan digitalisasi di bidang penjualan dengan melakukan upgrade teknologi dengan peralatan Hand Held di lapangan dan sistem penjualan yang diinput secara otomatis dengan sinkronisasi data di Kantor manajemen, Warehouse, Finance, Procurement maupun kantor penjualan. Perusahaan memerlukan standarisasi sistem dan proses bisnis sebagai acuan pelaksanaan digitalisasi di bidang penjualan. Penelitian ini mendesain 5 proses penjualan utama guna mendukung digitalisasi di bidang distribusi dan penjualan

 

                                                                                              ©2022TN.Allrightsreserved.  

Author Biographies

Rahmi Rismayani Deri, Universitas Islam Nusantara

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Rafika Ratik Srimurni, Universitas Islam Nusantara

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Darwin Nahwan, Universitas Islam Nusantara

Fakultas Ekonomi

Silvy Sondari Gadzali, Universitas Subang

Fakultas Ilmu Administrasi

References

Crandall, Richard E , Crandall, William E, Chen, Charlie C, 2015 ,Principles of Supply Chain Management, CRC Press Taylor & Francis Group, New York

Fredendall, Lawrence D., Hill Ed, 2001 , Basics of Supply Chain Management , The St. Lucie Press/ APICS Series on Resource Management , New York

Ginting, Rosnani, 2010, Perancangan Produk, Graha Ilmu, Yogyakarta

Jacob, F. Robert , Berry, William L. , Whybark, D. Clay , Vollmann, Thomas E., 2011 , Manufacturing planning and control for supply chain management-APICS CPIM, The McGraw-Hill Companies, Inc., New York

Mcleod, Raymod Jr, Schell George P., 2008, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10, Salemba Empat, Person Education

Royan, Frans. M, 2009 , Distributorship Management, Cara Cerdas Mengelola dan Memberdayakan Distributor secara Efektif, PT Gramedia, Jakarta

Suharno, Prof . Dr. , Sutarso, Yudi , 2010, Marketing In Practice, Graha Ilmu, Yogyakarta

Susanto, Dr. Azhar , M Bus, Ak Sistem Informasi Manajemen, 2007, Universitas Padjajaran.

Tanama Putri, Budi Rahayu Dr, 2017, Manajemen Pemasaran , Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Denpasar

Utami , Christina Widya , 2010, Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Ulrich, Karl T, Eppinger, Steven D, 2005,Perancangan dan Pengembangan Produk .

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Deri, R. R., Srimurni, R. R., Nahwan, D., & Gadzali, S. S. (2023). Analisis dan Perancangan Sistem Digitalisasi Sales Executive Pada Perusahaan Distribusi PT XYZ. TEKNOLOGI NUSANTARA, 4(1). https://doi.org/10.30999/teknu.v4i1.2423

Issue

Section

Artikel

Citation Check