Penentuan Interval Waktu Preventive Maintenance pada Mesin Stripping Hipack dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II di PT. Marin Liza Farmasi

Authors

  • Noneng Nurhayani Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/teknu.v2i1.2378

Abstract

PT. Marin Liza Farmasi adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang obat farmasi sering mengalami permasalahan breakdown mesin yang tinggi, dan dari data yang diperoleh pada periode Januari 2017 sampai Agustus 2018 terdapat 133.25 jam waktu breakdown terjadi, mesin stripping Hipack adalah breakdown yang paling tinggi diantara mesin yang lainnya yaitu 58 jam. Hal tersebut menghambat jalannya proses produksi yang berdampak pada penurunan kapasitas produksi.
PT. Marin Liza Farmasi menerapkan sistem pemeliharaan corrective maintenance, yaitu melakukan perbaikan ketika terdapat kerusakan. Selain itu juga dibantu dengan Preventive maintenance, yaitu dijadwalkan setiap seminggu, sebulan dilakukan pemeliharaan mesin dan lingkungan pabrik secara keseluruhan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengusulkan sistem perawatan mesin dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Metode RCM II diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui interval waktu perawatan mesin tersebut secara efektif.

References

Baroto, Teguh. (2003). Pengantar Teknik Industri. M a l a n g : Universitas Muhammadiyah.

Corder, A. S; and Kusnul, Hadi. ( 1988). Teknik Manajemen pemeliharaan. Jakarta :Erlangga.

Kurniawan, Fajar (2013). Teknik dan Aplikasi Manajemen Perawatan Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Putra, Boy Isma. (2010). Evaluasi Manajemen Perawatan Dengan Metode Reliability Centered Maintenance II. Sidoarjo : Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Artikel jurnal:

Asisco,H. (2012). Usulan Perencanaan Perawatan Mesin Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT. Perkebunan Nusantara VII (Persero) Unit Usaha Sungai Niru Kab. Muara Enim. Jurnal Kaunia UIN Sunan Kalijaga

Bangun, Irawan Harnadi, dan Rahman, Arif dan Darmawan, Zefry. (2014). Perencanaan Pemeliharaan Mesin Produksi Dengan Menggunakan Metode RCM II Pada Mesin Blowing Om. Jurnal Teknik Industri, Universitas Brawijaya, Malang.

Dhamayanti, Destina Surya dan Alhilman, Judi dan Athari, Nurdinintya. (2016). Usulan Preventive Maintenance Dengan Menggunakan Reliability Centered Maintenance II dan Risk Based Maintenance. Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, Telkom University.

M Arizki, Z,R. (2018). Penentuan Interval Waktu Pada Nail Making Machine dengan menggunakan Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Jurnal Teknik Industri.Sidoarjo : Universitas Muhammadiyah.

Pratama, Ahmad Nizar, dan Prasetyawan, Yudha. (2014). Perancangan Aktivitas Pemeliharaan Dengan Reliability Centered Maintenance II. Jurnal Teknik, ITS Surabaya.

Sari, Diana Puspita, dan Ridho, Mukhammad Faizal. (2016). Evaluasi Manajemen Perawatan Dengan Metode Reliability Centered MaintenanceII Pada Mesin Blowing I Di Plant I PT. Pisma Putra Textile. Jurnal Teknik Industri. UniversitasDiponegoro.

Sumber online:

Winaryo. (2011). perawatan mesin 0. http://www.winaryo.wordpress.com/category/bahan-kuliah/perawatan-mesin/

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Nurhayani, N. (2022). Penentuan Interval Waktu Preventive Maintenance pada Mesin Stripping Hipack dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II di PT. Marin Liza Farmasi. TEKNOLOGI NUSANTARA, 2(1). https://doi.org/10.30999/teknu.v2i1.2378

Issue

Section

Daftar Isi Jurnal

Citation Check