Analisis Strategi Pemasaran Gasifier Mini pada Konsumen IKM/ UMKM di Kabupaten Sleman dengan Metode SWOT Analysis

Authors

  • Tombak Bhagya Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/teknu.v1i2.2376

Abstract

Gasifikasi batubara adalah teknologi konversi yang digunakan untuk mengubah batubara menjadi bahan bakar gas yang diproses dalam satu alat yang di sebut Gasifier. Alat ini menghasilkan pembakaran dengan emisi rendah, abu dan tar terkendali, karena sistem pembakaran melalui proses gasifikasi sehingga ramah lingkungan. Gasmin relatif lebih aman dari potensi tabung meletus karena tekanangas sangat rendah. Tujuan penelitian di Puslitbang tekMIRA untuk mengetahui strategi pemasaran dan posisi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode SWOT Analysis. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder serta menggunakan pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif, untuk mengetahui posisi perusahaan dan menyusun strategi pemasaran mengenai produk gasifiermini meliputi strategi kekuatan dan kelemahan (Internal), peluang dan ancaman (Eksternal) untuk mengantisipasi ancaman dari produk serupa. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, posisi perusahaan berada pada sel 5 growth strategy merupakan pertumbuhan perusahaan itu sendiri menurut diagram matrik dan menempati kuadran I dengan strategi agresif merupakan posisi yang meguntungkan perusahaan dalam peluang dan kekuatan menurut diagram kartesius.

References

Buku:

David, Fred R.2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Hariadi, Bambang. 2003. Strategi Manajemen. Malang: Banyumedia Publishing. Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus. Jakarta :Gramedia. Riduwan dan Akdon. 2015. Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung : ALFABETA.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen, Informasi Untuk Pengambilan KeputusanStrategi. Jakarta : Gramedia.

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Suwandiyanto, M. 2010. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta :Gramedia.

Artikel jurnal:

HM, Rahmayati. 2015. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. ISSN Online 2407-6279, 1 Januari:60-67.

Pradana, Andik. 2015. Strategi Pemasaran dengan Menggunakan AnalisisS.W.O.T Pada Syafia Plaza Jember. Perpustakaan Digital Universitas Muhammadiyah Jember 2016.

Sumber online:

Anwar Hidayat.2017. Pengertian Populasi dan Sampel di https://statistikian.com (di Akses 16 Juni 2019).

Anwar Hidayat.2017. Teknik Sampling Dalam Penelitian https://statistikian.com (di akses 21 Juni 2019).

https://metopenkomp.blogspot.com/2017/11/macam-macam-teknik-pengambilan- sampel.html diakses pada tanggal (16 Juni 2019).

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/02/10-pengertian-strategi-menurut-para- ahli-lengkap.html diakses pada tanggal (16 Juni 2019).

Meya.2019.13 Tujuan Praktek Kerja Lapangan Tujuan Dilakukannya PraktikKerja Lapangan di https://coursehero.com (di akses 21 Juli 2019).

Shafira Nurlita.2019. Contoh Daftar Pustaka di https://thegorbalsla.com (di akses20 Juli 2019).

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Bhagya, T. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Gasifier Mini pada Konsumen IKM/ UMKM di Kabupaten Sleman dengan Metode SWOT Analysis. TEKNOLOGI NUSANTARA, 1(2). https://doi.org/10.30999/teknu.v1i2.2376

Issue

Section

Daftar Isi Jurnal

Citation Check