Pendidikan Teknik Berbasis SKKNI pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Teknik Elektro

Authors

  • Ruhiyat Sobirin Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/teknu.v1i2.2375

Abstract

Pada era globalisasi tanpa batas, Indonesia dianggap sebagai pasar potensial bagi pasar produk dan tenaga kerja dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia. Indonesia menjadi sasaran pemasaran produk maupun tenaga kerja dari negara tetangga. “ Profesi perawat, guru, arsitek, dan profesi lain berdatangan ke Indonesia “ kata Koordinator Kampanye Labor Institute Indonesia. Tanpa persiapan kemampuan kompetensi masyarakat indonesia Masyarakat Indonesia dikhawatirkan akan hanya menjadi penonton bagi aktivitas ekonomi di negerinya sendiri.
Pendidikan berbasis kompetensi merupakan pendidikan yang membekali lulusan dengan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan dan atau keahlian ( skill) serta Sikap Kerja ( Attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas atau syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Sebagai usaha untuk meningkatkan kegiatan pelatihan kewirausahaan agar tepat sasaran, Pusdiklat Industri bersama pelaku usaha industri kecil menengah menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Wirausaha Industri, yang tujuannya adalah untuk dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan materi pembelajaran dan program pelatihan kewirausahaan.
Proses perumusan SKKNI Bidang Wirausaha Industri ini diawali dengan penyusunan Peta Kompetensi berdasarkan masukan dari para pelaku wirausaha industri kecil dan menengah di bidang Teknik Elektro. Jurnal ini sebagai gambaran awal bagi pembekalan lulusan Teknik Elektro akan mendirikan usahanya, awal mendirikan usahanya, sampai menjaga usahanya tetap berjalan, bahkan berkembang sampai saat ini.

References

Berge, Z.L., Collins, M., & Dougherty, K. (2000). Design guidelines for web-based courses. In Abbey, B. (Ed.), Instructional and cognitive impacts of web-based education (pp. 32-40). Hershey, PA: Idea Group Publishing.

Edwards, C. (1999). Models for web-based instruction: A discussion of recurring themes. In Sparks, K.E. & Simonson, M. (Eds.), Proceedings of the 21st National Convention of the Association for Educational Communications and Technology (pp. 319-321). Houston, TX: AECT.

Eka Jati, Bambang Murdaka, 2014 Kewirausahaan Technopreneurship untuk Mahasiswa Ilmu-ilmu Eksakta, Cetakan pertama, Andi Yogyakarta

Chandler, T. (2001). Outback and in again: A new graduate's experience of rural and remote nursing. Sixth National Rural Health Conference. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020 dari http://www.abc.net.au/health/papers/paper11htm

Hanafi, Ivan , 2013 Pendidikan Teknik dan Vokasional, Cetakan kesatu, Bandung Refika Aditama

Khoir, S., Du, J. T., & Koronios, A. (2015c). Linking everyday information behaviour and Asian immigrant settlement processes: Towards a conceptual framework. Australian Academic & Research Libraries, 46(2), 86-100.

KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG

PENETAPAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA KATEGORI JASA PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS GOLONGAN POKOK JASA PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS BIDANG KEWIRAUSAHAAN INDUSTRI

Mulyasa, E, 2008 Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Cetakan sebelas Rosda

Walpole, Ronald E, 1998, Pengantar Statistika , Cetakan ketiga, Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Sobirin, R. (2022). Pendidikan Teknik Berbasis SKKNI pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Teknik Elektro. TEKNOLOGI NUSANTARA, 1(2). https://doi.org/10.30999/teknu.v1i2.2375

Issue

Section

Daftar Isi Jurnal

Citation Check