Analisa Manajemen Strategi PT. Soutwest Airlines dengan Metode EFE

Authors

  • Rahmi Rismayani Deri Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Syafaruddin Mahaputra Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/teknu.v1i1.2362

Abstract

Perusahaan dan industri harus menyusun perencanaan dan penerapan manajemen strategi yang tepat. Hal ini dilaksnakan agar perusahaan semakin maju dan mampu bertahan di masa krisis atau sulit. Banyaknya perusahaan yang tidak mampu bertahan karena ketidakmampuan dalam menjalankan manajemen berbasis strategi. Perusahaan wajib menjalankan manajemen strategi yang baik dan menjadikan perusahaan yang sukses sebagai acuan. Soutwest Airlines merupakan perusahaan maskapai penerbagangan yang sukses menyusun perencanaan dan implementasi serta pengendalian strategi yang tepat. Perusahaan ini mampu menjadi salah satu perusahaan tersukses di Amerika Serikat. Pada tulisan ini akan membahas metode manajemen strategis dengan mengetengahkan isu- isu strategis, penetapan visi, misi dan sasaran perusahaan, melaksanakan analisis SOWT dan penetapan serta pengendalian strategi. Dengan metode sederhana studi literatur serta diskusi FGD dengan pakar manajemen strategis penerbangan diharapkan tulisan ini mampu memberi gambaran luas mengenai perencanaan dan pengendalian
strategi perusahaan raksasa multinasional

References

Allison, M., & Kaye, J. (2005). Perencanaan Strategis: Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Anthony, Robert N. dan Vijay Govindarajan. (2007).Management Control System, International Edition, 12th Edition. Singapore: McGraw-Hill.

Bryson, John M. 1995. Strategic Planning For Public and Nonprofit Organizations (Revised Edition). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Higgins, James M (1994). The Management challenge : an introduction to management Book. Macmillan Publishing.

N. Arthe, Adji Ruth , Dwi Utami, Adisty , Aswad, Abul, Wicaksono, Agung (2014) Studi Kasus: Sistem Pengendalian Management Southwest AirlinesCorporation(Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Management Southwest Airlines Corporation).

Nawawi, Hadari, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang. Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Wheelen & Hunger. (2002), Strategic Management And Business Policy, Pearson. Prentice Hall, New Jersey.

http://strategicthinker.wordpress.com/activity-map/

http://www.xmind.net/share/kristinemgriffin/

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Deri, R. R., & Mahaputra, S. (2022). Analisa Manajemen Strategi PT. Soutwest Airlines dengan Metode EFE. TEKNOLOGI NUSANTARA, 1(1). https://doi.org/10.30999/teknu.v1i1.2362

Issue

Section

Daftar Isi Jurnal

Citation Check