Strategi Komunikasi Politik Paslon dalam Pilkada Serentak 2015 (Studi Deskriptif Analisis tentang Komunikasi Politik Pasangan Calon Kepala Daerah dalam Upaya Menjaring Dukungan Publik di Propinsi Jawa Barat)

Authors

  • Paryati Sudarman
  • Dewi Sadiah

Abstract

Strategi komunikasi politik paslon dalam pemilihan umum, melahirkan pemimpin yang dijiwai semangat dan cita-cita kemerdekaan. Kandidat dituntut mampu meyakinkan publik. Masyarakat Indonesia cukup kritis dan faham terhadap kondisi kandidat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pilkada serentak 2015 di Propinsi Jawa Barat. Strategi komunikasi politik yang dilakukan para paslon dalam upaya menjaring dukungan publik dengan sampel di Kabupaten Bandung, Kabupaten Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan pilkada serentak di Jawa Barat Tahun 2015 berjalan aman dan tertib sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

References

Abrar, Ana Nadhya. 2003. Teknologi Komunikasi. Perspektif Ilmu

Komunikasi. Cetakan I. Yogyakarta: LESFI.

Alma, Buchari; Priansa, Donni Juni. 2009. Manajemen Bisnis Syari’ah. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

Azra, Azyumardi. 1999. Konteks Berteologi di Indonesia, Jakarta:

Paramadina.

Cangara, Hafied. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua.

Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Dewi, Sutrisna. 2007. Komunikasi Bisnis. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Effendi, Onong Uchyana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Cetakan ke I.

-------------------------. 1998. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Cetakan Kesebelas. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Finosa, Lamuddin. 1982. Aneka Surat Sekretaris & Bisnis Indonesia. Edisi Revisi 4. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gunara, Thorik. 2009. Komunikasi Rasulullah. Indahnya Berkomunikasi

ala Rasulullah. Cetakan Pertama. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations. Konsep, Pendekatan, dan Praktik.

Cetakan Pertama. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

------------------; Subarna; Rochman. 2008. Komunikasi Bisnis. Edisi ke-

Jakarta: Universitas Terbuka.

Johannesen, Richard L. 1996. Etika Komunikasi. Terjemahan. Cetakan

Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lewis, Richard D. 2005. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. Terjemahan.

Cetakan kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich. 2007. Bisnis Syari’ah. Perspektif Mu’amalah dan Manajemen.

Cetakan Pertama. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nurdin, dkk. 1993.Moral dan Kognisi Islam. Edisi ke-1. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-05-29

Issue

Section

Article