Kompetensi Komunikasi

Tety Adyawanti

Abstract


Kompetensi dapat dilihat sebagai kompetensi dasar dan kompetensi umum yang merupakan kompetensi yang harus dimiliki manusia untuk bisa mengembangkan dirinya. Bisa dikatakan kompetensi merupakan paduan pengetahuan dan keterampilan. Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang, pengetahuan dan keterampilan yang menyangkut komunikasi termasuk diantara yang paling penting dan berguna. Kompetensi komunikasi menggunakan kompetensi bahasa sebagai dasar yang juga melibatkan pengetahuan tentang
tata cara dalam melakukan interaksi komunikasi. Dapat dikatakan kompetensi komunikasi menjadi suatu hal yang penting paling tidak untuk mengurangi suatu situasi dimana komunikasi pada suatu saat dapat saja tidak berlangsung dengan lancar.


Full Text:

PDF

References


Beebe, Steven A. & Susan J. Beebe & Mark V. Redmond. 1996. Interpersonal Communication: Relating to Others. Boston: Allyn & Bacon.

DeVito, Joseph A. 1988. Human Communication: The Basic Course, Fourth Edition. New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

______1997. Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan Agus Maulana. Jakarta: Profesional Books.

Griffin, Emory A. 2003. A First Look At Communication Theory, Fifth Edition. Boston: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Miller, Katherine. 2002. Communication Theories: Perspective, Process and Context. New York: McGraw-Hill Company.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran

Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Trenholm, Sarah & Arthur Jensen. 2000. Interpersonal Communication,

Fourth Edition. Californi




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.