Strategi Promosi Pameran dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Exhibitor

Authors

  • Akhmad Yani Surachman

Abstract

Keberhasilan penyelengaraan pameran produk atau jasa, ditandai banyaknya transaksi yang terjadi antara exhibitor dengan visitor selama pameran berlangsung. Kesuksesan pameran dapat dicapai karena Exhibition Organizer dalam melakukan persiapan kerjanya selalu diawali dengan membuat perencanaan yang komprehensif dan matang. Penulis mengkaji strategi exhibitor campaign yang dilakukan dalam rangka menarik peserta pameran dan pengunjung pameran. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Strategi promosi untuk menarik minat exhibitor lebih banyak dilakukan dengan menggunakan cara personal selling. Strategi tersebut dinilai sangat efektif untuk mempengaruhi calon exhibitor agar mau menjadi peserta pameran. Dengan strategi personal selling, Exhibition Organizer secara langsung langsung melihat respon calon exhibitor. Setelah exhibitor tertarik ikut menjadi peserta pameran, Ciptamedia mengkurasi produk-produk milik exhibitor yang akan dipamerkan dengan tujuan agar produk yang ditawarkan sesuai dengan konsep pameran, dan yang paling penting adalah memiliki daya tarik dan nilai jual tinggi di mata pengunjung (visitor).

References

Beatrix, S. 2006. I Love Organize: Panduan Praktis Mengelola Event. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Etty Kongrat, Ariantanto, Magdalena. Model Strategi Promosi Stand Pameran Pada Perusahaan PCO (Professional Conference Organizer) Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol 10, No. 2, Desember 2011

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.

Kesrul, M. 2004. Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Phillip, dan Armstrong, 2002, PrinsipPrinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., and Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi ke-12. Alih bahasa: Benyamin

Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Lee, Monle & Johnson, Carla, 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta:

Kencana

Morrisan. 2009. Manajemen Media

Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Prenada Media Group

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Jakarta: Andy

Severin, Werner & James W. Tankard, Jr. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Edisi Ke-5. Jakarta: Kencana.

Yin, R. K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2022-09-01

Issue

Section

Article