KOMUNIKASI KOMUNITAS KAMPUNG ADAT CIRENDEU DALAM MELESTARIKAN TRADISI MENGKONSUMSI SINGKONG

Authors

  • Vina Alvinia Septadinusastra

Abstract

Kampung adat Cirendeu merupakan salah satu kampung adat yang ada di Jawa Barat, tepatnya diwilayah Cimahi Selatan. Disebut kampung adat karena komunitasnya memiliki adat istiadat dan tradisi yang hanya berlaku diwilayah adat tertentu, memiliki norma dan nilai yang hanya berlaku dalam komunitasnya saja, dan semuanya diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tradisi dikampung adat biasanya dilestarikan meskipun oleh komunitas kecil yang tidak memiliki anggota yang banyak. Kampung adat Cirendeu memiliki keunikkan dan ciri khas yang berbeda dengan kampung adat lainnya, khususnya kampung adat di Jawa Barat. Salah satu ciri khasnya yaitu tradisi mengkonsumsi singkong sebagai makanan pokok sehari-hari. Sementara itu, nasi menjadi pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anggota komunitasnya. Uniknya, meskipun ada anggota yang melanggar tetapi pelanggar tersebut tidak diberikan sanksi ataupun teguran oleh sesepuh adat karena mereka yang melanggar akan mendapatkan tekanan psikologis, seperti perasaan bersalah dan penyesalan yang akhirnya membuat pelanggarnya jatuh sakit. Selanjutnya, untuk melestarikan tradisi mengkonsumsi singkong diperlukan komunikasi persuasif dan konformitas bagi anggota komunitasnya agar mereka dapat mengubah mindset dan perilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku sehingga mereka dapat mematuhi dan mentaati tradisi tersebut.

References

Cohen, Taya R., dkk, 2010. Introducing the GASP scale: a new measure of guilt and shame proneness. Journal of Personality and Social Psychology, University of North Carolina at Chapel Hill.

Chaplin, J. P. 2001. Kamus lengkap psikologi. Penerjemah; Kartini Kartono, Ed. I. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Editor. 2013. Kenyang tak harus makan nasi (Belajar beralih makanan pokok dari kampung adat Cirendeu, Cimahi, Jawa Barat). diakses pada tanggal 2 Januari 2022 melalui https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/kenyang-tak-harus-makan-nasi-belajar-beralih-makanan-pokok-dari-kampung-adat-cireundeu-cimahi-jawa-barat/

Hall, Calvin S dan Lindzey, Gardner. 1993. Psikologi Kepribadian. Kanisius, Yogyakarta.

Nasrudin, Endin. 2015. Psikologi Komunikasi: Membangun Komunikasi yang Efektif dalam interaksi manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purnomo, Agus Dody dan Maarif, Yosi Samsul. 2019. Membaca Kearifan Lokal Imah Panggung Bale Atikan Kampung Adat Cirendeu. Waca Cipta Ruang: Jurnal Ilmiah Desain Interior. volume 5, No.2. 2019

Rakhmat, Jalalludin. 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Riadi, Muchlisin. 2022. Konformitas: Ciri, Aspek, Jenis, dan Faktor yang mempengaruhi. Diakses pada tanggal 2 Januari 2022 melalui https://www.kajianpustaka.com/2022/06/.html.

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sambas, Syukriadi. 2016. Antropologi Komunikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sanusi, Nunung dan Sidik, Adi Permana. 2022. Komodifikasi Keunikan kampung adat Cirendeu sebagai objek wisata budaya. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5, No.1 Januari 2022.

Published

2022-04-01

Issue

Section

Article