MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS HOTEL NOVITA TERKAIT ISU PENISTAAN AGAMA

Authors

  • Rizqi Khairunnisa

Abstract

Adanya kebebasan berpendapat di lingkungan masyarakat dan media yaitu salah satu unggahan di media sosial oleh seseorang di dalam gambarnya menunjukkan gambar ornament Natal yang terdapat lafadz Allah dibawahnya diduga sebagai isu penistaan agama yang menjadi krisis bagi Hotel Novita. Krisis dapat dikatakan sebagai siklus kehidupan yang mempunyai beberapa tahap yang dimulai dengan tanda-tanda adanya krisis dan diakhiri dengan penyelesaian krisis dengan menyusun strategi perencanaan jika adanya krisis. Penelitian ini menggunakan landasan konseptual manajemen krisis, komunikasi krisis, dan peran public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen Hotel Novita dalam mengelola isu penistaan agama serta bagaimana peran public relations Hotel Novita atas isu penistaan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dari berbagai artikel yang mendukung mengenai kronologi kejadian, dokumentasi dari pihak hotel, dan wawancara semi terstruktur dari inform pihak hotel. Hasil dari penelitian ini adalah kasus tersebut terjadi pada 23 Desember 2016 diawali dengan pemberhentian sementara operasional hotel untuk mempercepat proses penyidikan dan penyelidikan dan hotel dibuka kembali pada 18 Januari 2017 dan telah mendapatkan oknum pelaku sehingga proses hukum berakhir pada 17 Mei 2017. Tahapan krisis berawal dari adanya tanda-tanda krisis namun diabaikan. Upaya penanggulangan krisis berupa adanya tim komunikasi yang mengadakan konferensi pers dengan mengundang media massa dan segala bentuk informasi diinformasikan oleh pihak Hotel Novita dan pihak-pihak terkait untuk orisinalitas informasi. Selain itu, peran public relations Hotel Novita sebagai fasilitator pemecahan masalah yang mempunyai jalur tecepat menuju top management. Wujud peran public relations adalah memperbaiki komunikasi antar karyawan dan atasan terkait kritik dan saran dan melakukan mediasi, konferensi pers serta cuci adat untuk dapat mengembalikan citra Hotel Novita kembali.

References

Afdhal, Ahmad Fuad. Tips & Trik PR. Jakarta: Grasindo. 2004

Kasali, Rhenald. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti. 2003

Kasali, Rhenald. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2008

Kriyantono, Rachmat. Public Relations, Issue & Crisis Management. Jakarta: Kencana. 2015

Moleong, j, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2006

Moleong, j, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007

Morissan. Pengantar Public Relations – Strategi Menjadi Humas Profesional. Tangerang: Penerbit Ramdina Prakasa. 2006

Yulianita, Neny. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas. 2005

Jurnal :

Coombs, W Timmothy. Ongoing Crisis Communication, USA : SAGE PUBLICATION.2014. h.18. 2007

Coombs, W Timmothy dan Holladay, SJ. The Handbook of Crisis Communication. SAGE PUBLICATIONS. h.60. 2010

Cresswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE PUBLICATION. h.32. 2009

Nova, Firsan. Crisis Public Relations, Strategi PR menghadapi krisis, mengelola isu, membangun citra, dan reputasi perusahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2011

Patton, Michael Quinn. Qualitative Research and Evaluation Methods. USA: Sage Publication Inc. 2002

Ruslan, Rosady. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2001

Website Terkait :

https://www.bps.go.id/statictable/2015/08/20/1795/tingkat-penghunian-kamar-pada-hotel- bintang-menurut-provinsi-tahun-2004-2016-persen-.html ( diakses pada 28 Desember 2017, 22.00 WIB)

https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU1PNPS65.pdf (diakses pada 27 Desember 2017 15.46 WIB)

http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/12/24/oiowd9414-hotel-novita-jambi- ditutup-sementara (diakses pada 17 September 2017 15.46 WIB) http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/12/24/oiowd9414-hotel-novita-jambi- ditutup-sementara (diakses pada 6 September 2017 pukul 13.00 WIB) https://news.detik.com/berita/d-3388543/kasus-pohon-natal-berlafaz-allah-karyawan-hotel-jadi- tersangka (Diakses pada 26 Desember 2017, pukul 23.00 WIB)

Surat Kabar :

Manajemen Hotel Meminta Maaf. (27 Desember 2016). Tribun Jambi. Bertempat di rumah dinas Walikota.

Long March ke Novita. 29 Desember 2016. Tribun Jambi. Kelompok masyarakat yang menamai dirinya Aliansi Umat Islam (AUI).

Dokumen Pemerintah Online :

Departemen Agama. 1965. Penetapan Presiden Republik Indonesia tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Indonesia. 27 Desember 2017. https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU1PNPS65.pdf

Published

2022-11-16

Issue

Section

Article