THEATRE OF MIND PENDENGAR RADIO DI ERA MEDIA SOSIAL

Authors

  • Soni Sonjaya

Abstract

Dunia penyiaran radio sudah merambah masuk ke media sosial. Dunia penyiaran radio tidak lagi bersifat bersifat auditif, karena penyiar radio seringkali ditampilkan wujudnya ketika bersiaran. Bagaimana theatre of mind pendengar radio pada penyiar di era media sosial? Teknologi memang sebuah keniscayaan, akan terus berkembang mengisi kebutuhan manusia, hal yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin, sesuatu yang tadinya sulit menjadi mudah. Akan tetapi teknologi pun merupakan sebuah pilihan tergantung kebutuhan. Begitupun dengan media sosial yang dikaitkan dengan radio siaran maka sejatinya penggunaan media sosial tidak mengganggu ranah keunikan radio yang memiliki kekuatan theatre of mind. Pergeseran kedekatan pendengar dengan penyiarnya akibat adanya media sosial, seyogyanya disikapi dengan membangun imajinasi penonton bukan lagi pada sosok penyiarnya, namun pada materi siarannya.

References

Arismunandar, Satrio. (2010). Memahami Konvergensi Media. Jakarta: AJI

Bungin, Burhan. (2001). Imaji Media Massa, Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi Dalam Masyarakat Kapitalis. Yogyakarta: Jendela.

Flew, Terry. (2008). New Media: An Introduction. Oxford The State of the Field, NY: Oxford University Press.

Grant A. E. & Wilkinson, J. S. (2009). Understanding Media Convergence. Oxford The State of the Field, NY: Oxford University Press.

Iskandar, Dudi. (2018). Konvergensi Media: Pembaruan Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Yogyakarta: Andi.

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture, Where Convergence Old and New Media Collide. New York: New York University.

Surachman, Akhmad Yani. (2019). Komunikasi Internasional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Surachman, Akhmad Yani. (2019). Konsep Dasar Sistem Komunikasi. Modul I Komunikasi Internasional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Published

2022-11-16

Issue

Section

Article