PERAN E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Asih Handayanti
  • Dea Sukma Agachi
  • Winda Fadillah

Abstract

Penggunaan platform e-commerce merupakan hal unik untuk dikaji. Mengingat peningkatan pengguna e-commerce yang bahkan melejit dari biasanya terlebih dikarenakan dampak dari pandemi covid-19 yang memiliki imbas sangat besar pada sektor perekonomian terutama di Indonesia dengan cara mempelajari jurnal-jurnal yang terlah tersedia serta melihat fakta yang terjadi secara langsung selama kurang lebih dua tahun kebelakang hingga saat ini. Peningkatan pengguna platform ini didukung dengan menggunakan jaringan internet agar dapat di akses dan melakukan transaksi secara online didalamnya. Besarnya pengaruh dari pandemi covid-19 menjadikan bahkan memaksa banyak orang yang terputus pekerjaanya untuk mempelajari dan memulai usaha start-up dengan menggunakan platform e-commerce. Dengan demikian, penggunaan platform e-commerce dapat membantu memperbaiki perekonomian yang menurun serta mengurangi jumlah pengangguran akibat dari imbasnya pandemi covid-19. Maka, tujuan akhir dari dibuatnya artikel ini, untuk menjelaskan dan mengetahui bagaimana pengaruh e-commerce bagi pengusaha start-up yang terdampak pandemi untuk memulai usaha menggunakan media lain yaitu media online.

References

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114-123.

Cashman, Shelly. (2007). Discovering Computers. Menjelajah Dunia Komputer Fundamental, Edisi 3. Salemba Infotek: Jakarta.

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191-202.

Karyati, I. P. (2019). E-commerce untuk UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Retrieved Agustus, 5, 2021.

Kenneth J. Laudon, Jane P. Laudon. (1998). Sistem Informasi Manajemen: The Digital Firm, International Edotion. New Jersey: Pentise Hall International Inc.

McLeod Pearson. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Salemba. Jakarta.

Munawar, Kholil. 2009. E-Commerce. Diambil dari: http://www.kajianpustaka.com/2013/04/perdagangan-elektronik-ecommerce.html

Nurlela, N. (2021). E-Commerce, Solusi di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Simki Economic, 4(1), 47-56.

Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021, June). Analisis penggunaan E-commerce di masa pandemi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 556-561).

Rintoko. (2020). Menaker Ida: 29,12 Juta Orang Penduduk Usia Kerja Terdampak Pandemi Covid-19 : Berita : Kementerian Ketenagakerjaan RI. Kemnaker.go.id. Kemnaker RI. Retrieved June 13, 2022.

Salsabilla, F., & Ardhiyansyah, A. (2021, July). PERAN E-COMMERCE DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MINAT BELI. In SENAKOTA: Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 1, No. 1, pp. 240-247).

Sudaryono, S., Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(02), 110-124.

Published

2022-11-16

Issue

Section

Article