OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Syefira Nurul Fadillah
  • Soni Sonjaya

Abstract

Perubahan dan perkembangan komunikasi menuntut mahasiswa dan dosen untuk membiasakan penggunaan media online sebagai media belajar. Seperti yang dilakukan oleh FISIP USB YPKP, dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh melalui media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dosen dan mahasiswa dalam menyesuaikan perubahan gaya komunikasi pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19, dan bagaimana interaksi serta hasil akhir dari pembelajaran jarak jauh menggunakan media online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teori Komunikasi pembelajaran dan Media Richness Theory. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dosen dan mahasiswa dapat menyesuiakan perubahan gaya komunikasi pembelajaran, dengan beradaptasi dalam proses pembelajarannya, salah satunya yaitu tetap terhubung dan interaksi dengan menggunakan media online. Dalam menyampaikan pesan dan manajemen komunikasi dosen memiliki strategi dengan memilih pesan yang kreatif dan juga inovatif. Begitu juga dengan mahasiswa yang mengoptimalkan penggunaan media online untuk sumber pembelajaran dan diskusi melalui berbagai media dan video conference. Sehingga interaksi tetap terjalin dan hasil akhir pembelajaran dapat dikatakan optimal berdasarkan kepada pemahaman mahasiswa dari segi kognisi, afeksi dan psikomotorik. Ketiga hal tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan penyesuaian proses pembelajaran jarak jauh melalui media online.

References

Agustiani, R. (2018). Pemanfaatan Media Online Sebagai Media Sarana Komunikasi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Akademik pada Kalangan Mahasiswa IISIP Yapis Biak. Jurnal “Gema Kampus”, 1.

Ahmad Jalani, H. F. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12.

Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 1.

Astri Yogatama, L. O. (2009). Information Richness In Organizational Mix Mediated Communication : Coordination across region. Academia.Edu, 2-4.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Meilih di antara Lima Pendekatan . Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Creswell, J. W. (2016). Research Design,

Pendelatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmalaksana, W., & Dkk, R. A. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 Sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. KTI Masa Work From Home (WFH) Covid-19, 1.

Hardani, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kauntitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Harmoni, A. (2018). Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Universitas Gunadarma, 2-4.

I Gusti Agung Ayu Wulandari, G. N. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha).

Mimbar PGSD Undishka, 1.

Irawan, W. (2013). Kekayaan Media (Media Richness), Penerimaan Pengguna (User Acceptance) Dan Kehadiran Sosial Bersama (Social Corpesence) Pada Video Conference. Koleksi

Perpustakaan Universitas Terbuka. Iriantara, D. Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung : Simbiosa

Rekatama Media.

Kemenkes. (2020). Kementrian

Kesehatan Republik Indoneisa. Retrieved November 12, 2020, from https://covid19.kemkes.go.id/ situasi-infeksi-emerging/info- corona-virus/tanya-jawab-novel- coronavirus-2019-ncov-faq-update- 4-februari-2020/#.X7Cm_2gzbIU

Khoirunnissa. (2020). Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid19 Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas III B MI Al-Ittihaad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 33-34.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banfung : Penerbit

Alfabeta.

Ojo, A. J. (2016). New Media and the

Development of Education Sector : Appriasal of Selected Schools. SAGE open , 3.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadhrah, 3.

Rizki Saga Putra, I. (2020). Media Koomunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komuniika, 2-3.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Teori.com, B. (2019, June 25). kumpulan referensi buku. Retrieved from buku teori.com : https://bukuteori. com/2018/10/31/pengertian- publikasi/

World Health Organization South- East Asia Indonesia. (2020). Corona Virus QA For Public. Retrieved from World Health Organization Indonesai: https://www.who.int/ indonesia/news/novel-coronavirus/ qa-for-public

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus Desain & Metode. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Published

2021-09-01

Issue

Section

Article