KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENGASUH DENGAN ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI (Studi Kualitatif di Panti Asuhan Anak Soleh Bandung)

Authors

  • Sutisna Sutisna
  • Iin Rosiman

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang. Komunikasi antarpribadi digunakan dalam komunikasi sehari-hari antara pengasuh dan anak asuh di Panti Anak Soleh Bandung. Anak-anak panti yang memiliki latar belakang berbeda-beda, diperlukan pembentukan konsep diri yang positif sehingga dapat tercermin pada perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pola komunikasi antarpribadi pengasuh dengan anak asuh, (2) mengetahui pesan komunikasi yang disampaikan pengasuh kepada anak asuh serta (3) frekuensi komunikasi antarpribadi pengasuh dengan anak asuh dalam membentuk konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan para pengasuh serta anak asuh Panti Anak Sholeh Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pola komunikasi antar pribadi pengasuh dengan anak asuh berlangsung secara verbal dan nonverbal. Pola komunikasi dilakukan secara tradisional, dimana pengasuh dapat memberikan bimbingan atau arahan bila dirasakan perlu atau sesuai dengan jadwal. Komunikasi dalam pengasuhan secara kelompok, anak-anak asuh dikumpulkan dan kemudian diberikan bimbingan. Tidak terdapat pola baku yang digunakan dalam berkomunikasi sehingga masing-masing pengasuh memiliki pola yang berbeda dan perbedaan itu membuat persepsi komunikasi anak asuh perbeda pula dalam membentuk suatu konsep diri. (2) Pesan komunikasi yang disampaikan kepada pengasuh dengan anak asuh umumnya tentang agama, ilmu dan pengetahuan, hingga masalah-masalah umum seperti permasalahan sosial kemasyarakatan. Pengasuh menyampaikan tentang apa dan bagaimana menjalani kehidupan nantinya yang tentu pesan-pesan yang disampaikan ini mempengaruhi konsep diri para anak asuh. (3) Frekuensi komunikasi antarpribadi pengasuh dengan anak asuh berlangsung secara intensif. Frekuensi komunikasi ini juga merupakan proses perkembangan konsep diri anak asuh dengan cara bagaimana anak tersebut memandang dirinya dalam berbagai peran yang mereka jalankan dalam hidupnya.

References

Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan. Kartono, K. Edisi. 1- 11. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

DeVito, J.A. 2011. Komunikasi Antar Manusia Edisi 5. Terjemahan. Maulana, A. Tangerang: Karisma.

Effendi, K. 2004. Hubungan Antara Konsep Diri dan Kemampuan Verbal Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Muhammadiyah Sukonandi. Yogyakarta. Humanitas. Indonesian Psychological Journal.

Elizabeth B. Hurlock, 1999. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Edisi Kelima Jakarta. Erlangga.

Gunarsa, S.D., & Gunarsa, N.Y.S.D., 1983. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta. Gunung Mulia.

Hasballah M. Saad. 2003. Perkelahian Pelajar Potret Siswa SMU di DKI Jakarta Yogyakarta. Galang Press.

Hendriati Agustiani. 2006. Psikologi Perkembangan; Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung. PT Refika Aditama.

Jalaluddin Rakhmat. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Kartini Kartono. 2005. Patologi Sosial II. Kenakalan Remaja. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Latipun, 2001. Psikologi Konseling. Malang. UMM-Press.

Melanie D. Murmanto, Pembentukan

Konsep diri siswa melalui pembelajaran partisipatif (sebuah alternatif pendekatan pembelajaran di sekolah dasar), Jurnal Pendidikan Penabur – No. 08/Th.VI/Juni 2007 (www. Pdf-seacrh-engine.com).

Rakhmat, J. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rifa Hidayah. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang. UIN Malang Press.

Sofyan S. Willis, 2008. Remaja & Masalahnya; Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif ”. Bandung. ALFABETA.

Wasty Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Zulkifli. 2003. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article