KEGIATAN CUSTOMER RELATIONS PT. NUTRICIA MELALUI PROMOSI MEMBERSHIP CARD CLUB DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (Studi Deskriptif Pelanggan di Supermarket Borma Cikutra Kota Bandung)

Authors

  • Vina Alvinia Septadinusastra

Abstract

Banyak cara suatu perusahaan mendapatkan pelanggan loyal, salah satunya yang dilakukan oleh Nutricia dengan menerbitkan Membership Card Club untuk para pelanggannya. Membership Card Club ini memiliki berbagai keuntungan yang ditawarkan dan diharapkan mampu membina hubungan yang baik dengan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui proses komunikasi Customer Relations PT. Nutricia melalui promosi Membership Card Club dalam membina hubungan dengan pelanggan; (2) untuk mengetahui bentuk hubungan dengan pelanggan melalui promosi Membership Card Club sebagai kegiatan Customer Relations. (3) untuk mengetahui kegiatan Customer Relation PT. Nutricia melalui promosi Membership Card Club dalam membina hubungan dengan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara kepada 10 pelanggan di Supermarket Borma Cikutra Kota Bandung dan 2 orang pihak manajemen PT. Nutricia; dan (3) studi kepustakaan sebagai data penunjang dari buku dan dari dokumen-dokumen PT. Nutricia. Hasil penelitian menunjukan (1) Proses Komunikasi Customer Relation Nutricia salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan Special event, member bisa menukarkan point dengan hadiah-hadiah dan dibagikan sampel susu sehingga pelanggan bisa secara langsung merasakan produk. (2) Bentuk hubungan dengan memberikan promosi kepada para pelanggan yang memiliki Membership Card Club seperti potongan harga atau diskon, serta servis terbaik dari petugas Nutricia. Petugas Nutricia dalam hubungan dengan pelanggan memberikan pelayanan yang cepat, jelas dan lengkap. Kesadaran dan tanggung jawab tinggi para petugas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan sehingga tertarik memiliki Membership Card Club. (3) Kegiatan Customer Relation dilakukan dengan memberikan hadiah-hadiah yang menarik untuk setiap pembelian, keramah tamahan para petugas (SPG) PT. Nutricia dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Diadakannya Membership Card Club Nutricia untuk mendapatkan potongan harga serta layanan online yang diadakan PT. Nutricia selama 24 jam untuk memudahkan pelanggan berinteraksi.

References

Cultif, Scott. M. & Allen. H. Center. Effective Public Relations. Englewood Cliffs N.J.: Prentice Hall Inc.

Effendy. O. (1992). Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hafield, C. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. (1993). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih Bahasa Jaka Warsana dan Herujati Purwoko. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P. (1976). Principle of Marketing. New Jersey: Engelwood Clifts. Rachmadi. F. (1994). Public Relations, dalam Teori dan Praktek, Aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Ruslam. R. (1997). Aspek-aspek Hukum dan Etika dalam Aktivita Public Relations/Kehumasan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sastropoetro. R.A.S. (1991). Propaganda, Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa. Bandung: Alumni. Suhandang, K. (2004). Public Relations Perusahaan. Bandung: Nuansa.

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article