IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI BIRO HUMAS SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Winda Ramadhanti

Abstract

Iklim Komunikasi merupakan fungsi kegiatan kerja yang terdapat dalam organisasi untuk menunjukkan kepada anggota organisasi bahwa organisasi tersebut mempercayai mereka. Ada lima iklim komunikasi yaitu supportiviness, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan, dan tujuan kinerja yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang iklim komunikasi organisasi di Bagian Pelayanan Media Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat yaitu nilai dukungan, nilai kepercayaan, dan nilai partisipan. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari empat informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dukung dalam komunikasi berupa semangat dan motivasi, nilai kepercayaan berupa kejujuran, dan nilai partisipan berupa keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan kebijakan organisasi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cangara, H. Hafied. (2008). Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Conrad, C., & Poole, M. S. (2005). Strategic organizational communication : in a global economy. Belmont, Ca: Wadworth.

Dajan, Anto. (2004). Pengantar Metode Statistik II, Penerbit LP3ES, Jakarta.

Dewi, Sutrisna. (2007).Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article