IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI MEDIA MASSA

Authors

  • Rini Meirani

Abstract

Pada era digital banyak anggapan bahwa bisnis media cetak akan menurun karena tergerus oleh media digital. Beberapa surat kabar di Indonesia telah berhenti terbit dan beralih ke media online. Pikiran Rakyat (PR) merupakan salah satu perusahaan media massa cetak terbesar di Jawa Barat yang memiliki kemampuan bertahan pada era digital. Penelitian ini mengkaji tentang cara perusahaan media cetak Pikiran Rakyat yang dapat bertahan pada era digital dengan mengkaji iklim komunikasi di bagian Redaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi yang terbentuk di Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri atas empat narasumber dari anggota Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harian Umum PR dapat bertahan menghadapi era digital karena memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pola komunikasi yang terbentuk melalui interaksi sehari-hari menentukan eksistensi kepercayaan, dukungan, keterbukaan, perhatian, dan keterusterangan anggota Redaksi melalui proses interaksi. Bentuk dukungan terhadap pola komunikasi di Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat telah membentuk sebuah iklim komunikasi yang baik.

References

Pace R. Wayne dan Faules Don F. 2010. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatlan Kinerja Perusahaan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masmuh, Abdullah. 2010. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori

dan Praktek. Malang : UMM Press

Berita online

Zuhra, Wan Ulfa. 2017. Tirto.id. Media Cetak Bisa Mati Jurnalisme Seharusnya Tidak. Tersedia pada: https://tirto.id/media-cetak-bisa- mati- jurnalisme-- seharusnya-- tidak-ciy6 diakes pada Rabu, 6 Mei 2019 pukul 14:40 WIB.

(ves). 2018. Kumparan.com. Tak Punya Jurus Bersaing Media Cetak Mati. Tersedia pada: https://kumparan. com/tugujogja/tak- punya-jurus- bersaing-media-cetak-mati diakses pada Sabtu, 11 Mei 2019 pukul 19.45 WIB.

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article