KOMUNIKASI PARTISIPATIF FANDOM ARMY BANDUNG DALAM KAMPANYE BTS LOVE MYSELF

Authors

  • Aulia Maharani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi partisipatif ARMY Bandung dalam menyebarkan Kampanye Love Myself dan pemaknaan ARMY Bandung terhadap adanya kampanye Love Myself. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan penelitian lapangan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di media sosial twitter dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi partispatif yang dilakukan ARMY Bandung dalam menyebarkan kampanye Love Myself dilakukan dalam bentuk donasi, komunitas konsultasi, dan sharing seperti ARMY Help Center, Love Myself Movement, dan menyebarkan pesan positif dengan tagar BTSLoveMyself. ARMY Bandung juga memaknai kampanye ini sebagai sebuah tindakan sosial yang positif karena dapat membantu mereka untuk memahami dan mencintai diri mereka sendiri serta mendorong mereka agar dapat membentuk lingkungan yang aman dan damai tanpa ada kekerasan di kalangan anak muda.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta Jenkins, Henry. 1992. Textual poachers: Television Fans And Participatory Culture. New York: Routledge

Luskha, Shifra. 2018. BTS To All The Youngsters Withou Dreams. Yogyakarta: Aria Media

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi: Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran

Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Mubarok. 2014. Sport, Komunikasi, Dan Audiens: Arena Olahraga Dalam Diskursus Ekonomi-Politik, Bisnis Dan Cultural Studies. Yogyakarta: Buku Litera

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial – Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern (Edisi Ketujuh). Jakarta: Prenadamedia

Sastropoetro, Susanto. 1986. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Jurnal dan Skripsi :

Ahmadi, Dadi. 2008. Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Jurnal MediaTor 9 (2)

Bondan Trihadi Magetian. 2017. Survei Perilaku Media Sosial One True Pairing Shipper Dalam Fandom K- pop. Skripsi. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dibyareswari Utami Putri. 2012. Peran Media Baru Dalam Membentuk Gerakan Sosial Studi Kasus Pada Individu Yang Terlibat Dalam Indonesia Unite Di Twitter. Skripsi. Universitas Indonesia Depok.

Herdianto, Michael Eko. 2011. Komunikasi Partisipatif melalui proses kegiatan Panda Click Studi Kasus pada program komunikasi partisipatif Panda Click yang dilakukan oleh World Wildlife Fund for Nature(wwf) Indonesia program Kalimantan Barat di Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Kelurahan Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Karmila Muchtar. 2016. Penerapan Komunikasi Partisipasi Pada Pembangunan di Indonesia. Jurnal Makna 1(1): 21

Nurul Kamilatunnisa. 2017. Hubungan Celebrity Worship Dengan Emotional Intelligence Pada Anggota Komunitas ARMY di Kota Bandung. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

P. Lacasa. 2017. Teenagers, Fandom and Identity. Persona Studies. 3(2): 51- 65

Sukma Ari R. 2015. Media Dalam Perspektif Masyarakat Tontonan ‘Jokowi Spectacle’. The messenger cultural studies, IMC and Media. 8(1): 1-8

Wini Oktaviani. 2017. Fan Culture dalam Media Sosial Analisis Jaringan Komunikasi Interaksi Fans JKT48 sebagai Cyberfandom di Media Sosial Twitter. Skripsi. Universitas Brawijaya Malang

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article