KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Ira Nur Ramdhani

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT)” bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk stereotip mahasiswa NTT yang berkuliah di Univeritas Islam Nusantara terhadap mahasiswa Sunda. Dalam penelitian ini metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Perbedaan etnis menimbulkan perbedaan budaya dan Bahasa dalam komunikasi. Hal tersebut akan berpengaruh pada proses komunikasi antarbudaya di Universitas Islam Nusantara Bandung. Setiap individu memiliki persepsi yang berbeda terhadap etnis lain sesuai yang mereka rasakan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa etnis Flores mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap sikap mahasiswa etnis Sunda. Ada yang berpandangan positif tidak membeda- bedakan dalam berteman dan mempunyai sikap toleransi terhadap budaya lain. Ada juga negatif yang memandang sebelah mata karena saat berbicara terkesan kasar dan keras dan keberatan ketika diajak ngobrol ataupun bergaul. Cara berkomunikasi kedua suku lebih efektif menggunakan Bahasa Indonesia. Mahasiswa etnis Flores dan juga mahasiswa etnis Sunda tidak pernah terjadi konflik. Terkait dengan pandangan sikap yang berbeda-beda terhadap kedua suku peneliti berharap keduanya tetap menjalin hubungan komunikasi dengan baik.

References

Annisa Fitriyani, 2015 Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda (Studi Deskriptif Terhadap Keluarga Sunda Di Komplek Perum Riung Bandung) Diambil Dari Digilib Ejournal.Upi. Edu/Index.Php/Sosietas/A rticle/ View/1521/1047

Fani Rahmadani, 2015 Pengaruh Etnosentrisme Dan Stereotip Remaja Etnik Lampung Terhadap Komunikasi Antarbudaya Dengan Etnik Bali (Studi Pada Remaja Etnik Lampung Di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan)

Fitriani, Vita. 2013. Komunikasi Antar Budaya Dalam Kehidupan Pesantren: Studi Pada Santri Etnis Jawa, Madura Dan Ntt Pondok Pesantren Nurul Falah Surabaya. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.Hlm 53-54 Diambil Dan Digilib Http://Digilib.Uinsby.

Ac.Id/11130/

Koentjaraningrat, 2010, Manusia Dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta:

Djambatan

Liliweri, Alo, 2011, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Bandung: Kencana Predana Media Group

Lexy J, 2007 . Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Mulyana Dan Jalaluddin, 2005, Komunikasi Antarbudaya Panduan Berkomunikasi Dengan Orang- Orang Berbeda Budaya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Meleong, Mulyana, Deddy, 2000, Komunikasi Organisasi, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin, 2005, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-03-01

Issue

Section

Article