HUMAS SEKOLAH SEBAGAI SALAH SATU PERWUJUDAN INOVASI DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Waska Warta

Abstract

Lembaga pendidikan berkeharusan melakukan inovasi agar eksistensinya selalu terjaga dan bertumbuh sehat melalui kemampuan daya saing tinggi. Inovasi tidak hanya pada aspek yang secara langsung berkaitan dengan pembelajaran, namun pada perangkat atau fungsi tertentu dalam institusi/organisasi yang berkontribusi pada meningkatnya kualitas layanan pendidikan. Salah satu di antaranya adalah pada fungsi hubungan masyarakat (humas) pendidikan yang sekarang ini umum yang telah dilembagakan secara formal. Fungsi utama humas pendidikan adalah mengupayakan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pendididikan suatu lembaga secara optimum. Fakta dan opini yang berkembang sejak beberapa tahun terakhir ini adalah keyakinan bahwa ada keterkaitan antara invovasi pendidikan dan humas pendidikan, namun selalu ada kendala yang muncul dalam inovasi yang intinya adalah perubahan dan pembaruan dalam pendidikan, namun pelaksanaan humas pendidikan merupakan keniscayaan untuk dikembangkan.

References

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, H. 2007. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ihsan, F. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Massofa. 2008. Perlunya Pembaharuan

Pendidikan di Tingkat Makro dan Mikro, (Online), (http://massofa. wordfress.com, diakses 5 Desember 2008).

Noor, I. H. M. 2001. Sebuah Tinjauan Teoritis Tentang Inovasi Pendidikan di Indonesia, (Online), (http:// www.pdk.go.id/balitbang/Publikasi/ Jurnal/ No_026/sebuah_tinjauan_ teoritis_Idris.htm, diakses 25 Desember 2008).

Pengelola Perkuliahan Online Inovasi Pendidikan. 2008. Pengantar Inovasi Pendidikan, (Online), (http://tik. kuliahinovasipendidikan.co.cc, diakses 8 Desember 2008).

Pidarta, M. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rogers, Everett M. 1983. Diffusion of Innovation. New York : The Free Press A Divission of Macmillan Publishing Co, Inc.

Sanaky, H. A. H. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Islam, (Online), (http:// educare.e;fkipunla.net, diakses 29 November 2008).

Semiawan, 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: Grasindo.

Sismanto. 2007. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah, (Online), (http://sismanto. multiply.com, diakses 29 November 2008).

Subandijah. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudrajat, A. 2008. 6 Mitos tentang Kreativitas, (Online), (http:// akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses 8 Desember 2008).

Suparno, P. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi . Yogyakarta: Penerbit

Kanisius.

Suryobroto, B. (2001). Hubungan Sekolah

dan Masyarakat. Yogyakarta : Mitra

GamaWidya.

Syaban, M. 2008. Proses Asesmen,

(Online), (http://educare.e;fkipunla.

net, diakses 29 November 2008). Tilaar.1999. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia.

Bandung : Remaja Rosdakarya Tilaar, H. A. R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Zaltman, Gerald, dan Robert Duncan.

Strategy of Planned Change. New York : A. Willey-Interscience Publication John Wiley & Sons.

Akses Internet : http://uharsputra.wordpress.com/

pendidikan/inovasi-pendidikan/ http://inovasipendidikan.com/ http://www.majalahpendidikan.

com/2011/04/pengertian-dan-

hakikat-inovasi.html http://www.majalahpendidikan.

com/2011/04/problematika-

inovasi-pendidikan.html http://www.majalahpendidikan.

com/2011/04/sasaran-inovasi-

pendidikan.html http://www.majalahpendidikan.

com/2011/04/bentuk-bentuk-

inovasi-pendidikan.html http://www.majalahpendidikan.

com/2011/04/definisi-dan- karakteristik-inovasi.htm

Published

2022-04-07

Issue

Section

Article