CORPORATE COMMUNICATION DALAM MENANGANI KRISIS PADA PEMBERIAN VAKSINASI COVID- 19

Authors

  • Nazwa Nazla Nafisah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Strategi Corporate Communication PT. Bio Farma (Persero) dalam menangani kelompok Anti Vaksin pada vaksinasi pandemi Covid-19, serta strategi edukasi yang dilakukan dalam meningkatkan public trust. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan riset studi kasus. hasil penelitian yang telah dilakukan strategi komunikasi krisis yang dilakukan Corporate Communication Bio Farma dalam menangani kelompok anti-vaksin pada vaksinasi pandemi Covid-19 adalah dengan menangani krisis dengan perecanaan yang baik. Kegiatan sosialisasi dan edukasi dalam bentuk webinar menjadi strategi dalam mengkomunikasikan vaksin kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat tergerakan pada program vaksinasi dan memiliki kepercayaan diri bahwa vaksin merupakan salah satu cara untuk keluar dari pandemi Covid-19

References

Arief, N. (2020). Corporate Communication . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bahraen, D. R. (2016). Vaksinasi mubah & Bermanfaat. Pustaka Muslim. Coombs, T. W. (2007). Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Eastern Illinois University.

Coombs, W. T. (2007). Ongoing crisis communication: Planning, managing, and responding (2nd ed). Los Angeles: University of Cetral Florida.

Djuhardi, L. (2020). KOMUNIKASI KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komunikasi, 3.

Junaedi, F., & dkk. (2020). Dinamika Komunikasi Di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Buku Litera.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh PraktisiPublic Relations di Y ogyakarta. Jumal komunikasi, 8.

Rabinowitz, M. (2016). Beluefs about Chilhood Vanccination in the United State: Political Ideology, False Consensus, and the Illusion of Uniqueness. Plos One.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Rahmawati, W. (2018). Penerimaan Masyarakat Terhadap Pesan Kesehatan Melalui Media Internet. Jurnal Komunikatif, 10.

WHO. (2020, Mei ). Pelayanan Kesehatan Berbasis Komunitas, Termasuk Penjangkauan dan Kampanye, dalam Konteks Pandemi Covid-19 . n-cov Communciations , p. 8.

CNN Indonesia. (2021), Januari Rabu). CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/

teknologi/20210120094327-199-596012/ hoaks-vaksin-covid-pakai-chip- erick-thohir-hingga-bill-gates

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article