INDUSTRI MUSIK KOREA DIMASA PANDEMI COVID-19 (Sebuah Kajian Komunikasi dan Budaya Populer)

Authors

  • Vina Alvinia Septadinusastra

Abstract

Musik tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja, melainkan juga sebagai sarana komunikasi yang universal. Dalam komunikasi, musik termasuk salah satu artefak budaya populer yang diproduksi dan dikonsumsi secara massal. Dengan begitu, musik dapat dijadikan ladang bisnis yang menggiurkan bagi produser atau pemilik modal. Kpop merupakan salah satu budaya populer Korea yang sedang booming dikalangan remaja dunia saat ini. Bukan hanya genre musik yang disukai, tapi juga para penyanyi (Idol) yang mampu membuat penggemarnya menjadi seseorang yang fanatik. Dimasa pandemic covid-19, Kpop masih terus diproduksi dan dikonsumsi. Industri hiburan Korea seakan tidak kehilangan akal untuk mempromosikan produknya ke seluruh dunia. Hanya dengan menggunakan media digital, Kpop masih mampu eksis dan dapat menghibur seluruh penggemarnya yang terisolasi dinegaranya masing-masing. Peran media digital dalam masa pandemik ini tidak hanya menjadi pilihan terbaik untuk melakukan komunikasi antara idola dengan penggemarnya, melainkan juga dipergunakan untuk kepentingan promosi dan bisnis bagi industri hiburan Korea.

References

Davidson, Drew. 2010. Cross-Media Communications: An Introduction to the Art of Creating Integrated media Experiences. ETC Press.

Effendy, O.U. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fornas, Jhon dan Goran Bolin. 1995. Youth Culture in Late Modernity. Sage Publications Ltd.

Ju, Brown dan Jhon Brown. 2006. China, Japan, Korea Culture and Custom. Booksurge LLC, South Carolina USA.

Ji, Yung Shin dan Julian Stringer. 2005. New Korean Cinema. Edinburg University Press, Ltd.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Yoon, Tae Jin. 2012. How the Idol System in Korean Pop Culture Works: An Explorative Study on Dual Structure of Production/Consumption of Idol Culture. Broadcasting and Communication Korea.

Internet:

Antara News. 2021. K-Pop 2021: Idola Ramah Media Sosial Bakal Bertahan Selama Pandemi. Diakses pada tanggal 6 Februari 2021 melalui https://antaranews.com/berita/k- pop-2021-idola-ramah-media- sosial-bakal-bertahan-selama- pandemi.

Dinisari, Mia Citra. 2020. Cara K-Pop Bertahan di Masa Pandemi. Diakses pada 6 Februari 2021 melalui https://lifestyle.bisnis.com/ read/20200913/254/1290994/cara- kpop-bertahan-di-masa-pandemi.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article