REPRESENTASI SIMBOLIS SANTRI SALAFIYAH DALAM PRAKTIK KESEDERHANAAN DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Luluatu Nayiroh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi melalui simbol yang ditampilkan oleh komunitas santri di pesantren tradisional dalam merefleksikan praktik kesederhanaan di media sosial. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana para santri memahami konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari sehingga tetap bijak dalam penggunaan media. Komunitas santri salafiyah atau tradisional dipilih menjadi kajian dalam penelitian ini karena pesantren di identikan dengan kegiatan yang minim dari media dikarenakan adanya keterbatasan akses dan aturan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ditemukan bahwa kelompok santri di pondok pesantren Mursyidul Falah Kabupaten Purwakarta tetap konsisten dalam menampilkan sifat sederhana di media sosial seperti pada kegiatan makan dan tampilan berbusana sehari-hari. Teknik analisis data yang digunakan yakni melalui dokumentasi, observasi langsung, serta wawancara.

References

Al hamid, Makky. 2019. Penggunaan Media Sosial Facebook di Kalangan Santri Pondok Pesantren As-Shomadiyah. Skripsi. Program Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, Abdul. 1995. Kehidupan manusia ditengah “alam materi” (Jakarta: PT. Remaja Cipta)

Creswell, J. W. (2015). Penelitian dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan Belajar.

Mahendra, Bimo. 2017. Eksistensi Sosial Remaja dalam Instragram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, No.01, Mei 2017.

Sapril. 2016. Aktualisasi Pendidikan Islam Membentuk Pola Hidup Sederhana Di Madin Al-Isnaini Montong Wasi. Jurnal Palapa. Volume 4. Nomor 1.

Herdiana, Aan. 2018. Representasi Identitas Santri Di Media Sosial (Studi Pengguna Facebook di Pondok Pesantren Darul Abror Purwokerto). Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negei Purwokerto.

Mulawarman & Nurfitri, Ardila Dias. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Jurnal Buletin psikologi. Vol. 25, No. 1.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article