Promosi Perpustakaan Melalui YouTube: Dispusipda Jawa Barat

Authors

  • Denti Asih Prolintan
  • Oom Nurrohmah

Abstract

Dewasa ini pemanfaatan teknologi sebagai media promosi sangatlah beragam, salah satunya adalah media sosial YouTube. Peneliti secara khusus mengamati salah satu akun milik perpustakaan umum yaitu Dispusipda Jabar. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana interaksi pemustaka pada akun youtube perpustakaan umum Dispusipda Jawa Barat melalui kolom komentar. Selain itu Artikel ini juga melihat respon seperti apa saja yang diberikan oleh netizen setelah menyaksikan video yang ditampilkan oleh Dispusipda Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-Deskripsi dengan observasi pada akun YouTube Dispusipda Jabar. Metode analisis dilakukan dengan melihat respon yang diberikan netizen pada video di kolom komentar. Hasil penelitian meunjukan bahwa respon tidak sepenuhnya ada pada setiap video yang diunggah oleh Dispusipda, meskipun dari beberapa video menampilkan respon yang positif.

References

Atningsih, S., & Sugiarto, H. (2017). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Web. Jakarta, Indonesian Juornal on Netwprking and Security, 6(4). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1183649&val=7110&title=Perancangan%20Sistem%20Informasi%20Perpustakaan%20Digital%20Berbasis%20Web

Aâ, N. A. N. A. Q. (2018). Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Melalui Media Sosial. LIBRIA, 10(1), 48-63. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/3381

Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 281-290. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23234

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2017). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 259-272. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905

Hariyah, H., & Triyanto, A. (2019). Media Sosial Alat Promosi Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Media Pustakawan, 25(2), 29-38. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/275

Indah, R. N. (2019). Alternatif Aplikasi Mudah Perpustakaan (Pengenalan Aplikasi ASP. Net). Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. https://baitululum.fah.uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/download/42/21

Kaffah, S., Syam, R. Z. A., & Nurlidia, R. F. Pemanfaatan Media Sosial pada Perpustakaan Perguruan Tinggi: Studi pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Singapura.

Mustofa, M. (2018). PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/691

Mustofa, M. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Publication Library and Information Science, 1(2), 21-29. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/691

Makalew, M. N., Sambiran, S., & Waworundeng, W. (2021). Koordinasi Antara Pemerintah Dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Menciptakan Kerukunan Umat Beragama di Kota Manado. GOVERNANCE, 1(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/34304

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarsyah, S., & Bogor-LIPI, P. M. K. R. (2020). Film Animasi Sebagai Media Promosi Perpustakaan. Kumpulan Makalah, 83. https://www.researchgate.net/profile/Nihayati-Nihayati/publication/341312264_Kajian_Kepuasan_Pelanggan_di_Perpustakaan_Badan_Standardisasi_Nasional/links/5eba44ed4585152169c84984/Kajian-Kepuasan-Pelanggan-di-Perpustakaan-Badan-Standardisasi-Nasional.pdf#page=88

Syam, R.Z.A. (2019). Pendayagunaan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Pasirangin Kabupaten Sukabumi. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1): 103-116. DOI: http://dx.doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.520

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article