POLA ASUH PADA KOMUNIKASI ORANGTUA-ANAK UNTUK MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK MENURUT ISLAM

Authors

  • Asih Handayanti

Abstract

Anak usia prasekolah merupakan masa keemasan (golden age) bagi anak. Masa keemasan ini berarti penting dan berharga karena masa ini merupakan pondasi bagi masa depan anak. Masa ini anak memiliki kebebasan untuk berekspresi tanpa adanya suatu aturan yang menghalangi dan membatasinya. Oleh karena itu, pada masa keemasan ini perlu bagi orangtua untuk memberikan penanaman kedisipilinan kepada anak agar anak dapat menerapkan disiplin sejak dini yang akan mempengaruhi kedisiplinan anak pada masa dewasanya nanti. Disiplin berfungsi memberi penerangan agar tingkah laku anak tidak tersesat dan menimbulkan suasana hidup yang tidak menyenangkan bagi anak. Dengan adanya disiplin, anak akan memperoleh penyesuaian pribadi, sosial dan institusional yang lebih baik. Penyesuaian pribadi artinya anak dapat mengembangkan kemampuan pribadinya secara optimal dan mewujudkan kemampuan itu sesuai tuntutan dan harapan masyarakat. Penyesuaian sosial artinya anak dapat membangun hubungan dan interaksi sosial secara efektif berdasarkan aturan dan norma-norma sosial yang berlaku di lingkungannya. Penyesuaian institusional artinya anak dapat hidup dan menyesuaikan pertumbuhan diri dan interaksi sosialnya dengan syarat-syarat, aturan dan norma yang ditetapkan oleh institusi. Dalam hal ini fungsi pokok disiplin adalah mengajar anak untuk menerima pengekangan yang diperlukan dan membantu mengarahkan anak kejalur tingkah laku yang berguna dan dapat diterima secara personal, sosial dan institusional. Peranan orang tua begitu besar dalam membantu anak agar siap memasuki gerbang kehidupan mereka. Disinilah kepedulian orang tua sebagai guru yang pertama dan utama bagi anak-anak. Sebagai orang tua harus betul-betul melakukan sesuatu untuk anak tercinta. Bagaimana seorang anak dapat tetap memandang masa depan mereka dalam angan seorang anak, bagaimana mereka dapat menjadi generasi penerus kita. Masa depan bangsa Indonesia kelak di tangan mereka dan masa depan mereka dipersiapkan oleh orang tua saat ini.

References

Asyarie, Rosy, Indeks Al-Qur’an, Penerbit Pustaka, Bandung, 2000

Elvinaro, Filsafat Ilmu Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2014 Fauzil, Bersikap Terhadap Anak, Titian Ilahi Press, Yogyakarta, 2000

Onong, Ilmu, Teori dan Komunikasi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2003

Maunur1201110010, Peran Pola Asuh Dalam Upaya Pembentukan Kedisiplinan Anak Usia Dini, www. wordpress.com, 2012

Syahrul Hadits, Anak yang Thayyib, Al- Qudwah Dewan Dakwah PERSIS ed.31, 2011

Syahrul Hadits, Pengaruh Anak, Al- Qudwah Dewan Dakwah PERSIS ed.41, 2012

Sumber Lain

http://www.darul- ilmi.com/2013/09/

risalah-tarbiyyatul- aulad-4- mendidik-dan-mengajari-anak- anak-mendirikan-sholat/

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article