PROGRAM MATA NAJWA “EPISODE REFORMASI KITA” SEBAGAI BENTUK DISKUSI RUANG PUBLIK RAKYAT INDONESIA

Authors

  • Samia Fadhilah

Abstract

Mata Najwa adalah sebuah siaran yang sering membahasa isu mengenai cinta kebangsaan, korupsi, HAM dan toleransi. Melalaui naraumber yang diundang Najwa berhasil melakukan berbagai kajian isu salah satunya diangkat pada episode reformasi kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi deliberative dalam sebuah ruang public (mata najwa) yang dilakukan oleh bebagai narasumber dalam menanggapi isu UU KPK. Kajian ini mengunakan pendekatan stdi kasus, data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari kajian ini adalah Mata Nasjwa semua peserta baik dari mahasiswa, pemerhati politik, lembaga hokum dan pemerintah, berusaha memecahkan persoaaln yang sedang terjadi secara kooperatif demi tercapainya konsesus yang intersubjektif sesuai dengan kehendak semua peserta, hal ini diketahui dari pertama adanya kesetaraan (egaliter) diantara semua narasumber baik yang pro dan tidak terhadap UU KPK. Kedua setiap nara sumber bebas untuk menyatakan pendapat. Ketiga endapat itu dinyatakan secara rasional dan dibantah secara rasional. Kempat semua narasumber bersifat sangat terbuka dalam menyelesaikan persoalan penetapan UU KPK dan RKUHP.

References

Creswell, J. W. (2015). Penelitian dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Habermas, J. (1996). Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse Theory of Law and Democracy, William Rehg (terj.). . Cambridge: MIT Press.

Hardiman, F. B. (2009). Demokrasi Deliberatif. Jogjakarta: Karnisius.

kompas. (2019, september 25). kompas. Retrieved from kompas: http’//www.kompas.com/tren/read.20 19/09/25/072855665/demo-uu- kpk- dan-rkuhp-232-orang-jadi- korban-3- dikabarkan-kritis

Prasetyo, A. G. (2012). Menuju Demokrasi Rasional: Melacak Pemikiran Jürgen Habermas tentang Ruang Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 178.

Shihab, N. (2019, September 26). Ujian Revormasi. Retrieved from Mata Najwa: http://youtu.be/ xVfFmxs3VnE

Published

2022-03-15

Issue

Section

Article