Analisis Komunikasi Politik Jelang PILPRES 2014 (Kajian tentang Strategi Komunikasi Politik Jokowi dalam Menggiring Opini Publik)

Vina Alvinia Septadinusastra

Abstract


Nama Jokowi mencuat menjadi capres nomor satu diberbagai lembaga survei di Indonesia. Namun, Jokowi tak bereaksi sama sekali. Jokowi berdalih bahwa dirinya masih fokus untuk membenahi kota Jakarta. Sosok Jokowi yang bersahaja, low profile, idealis, dan cukup tegas  dalam mengambil keputusan ini memang disebut-sebut menjadi figur presiden dambaan masyarakat Indonesia. Opini publik tentang Jokowi membuktikan popularitas Jokowi saat ini. Namun, kepopuleran Jokowi tidak terlepas dari strategi komunikasi yang dilakukan Jokowi dan hubungan baik yang terjalin dengan media massa. Tak heran jika masyarakat memilih Jokowi sebagai calon yang pantas untuk memimpin bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.


Full Text:

Pdf

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Jakarta: Sembiosa Rekatama Media.

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Milana, Robby. 2010. Komunikasi Politik “Wali Kaki Lima” Joko Widodo. Jurnal. Jakarta: Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah.

Mulyana, Deddy. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya Remaja.

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Panggabean, Edward. 2013. Jelang Pemilu 2014, Politisi Pemilik Media `Jual’ Simbol Partai. Artikel. Melalui: http://news.liputan6.com/ read/786367/jelang-pemilu-2014- politisi-pemilik-media-jual-simbolpartai.

Permana, Sukma Indah. 2013. “Jokowi Presidenku 2014” Membentang di KPK, Jokowi: Saya Nggak Mikir. Artikel. Melalui: http://news.detik.com/read/2013/05/ 28/190624/ 2258406/10/jokowipresidenku- 2014-membentangd i - kpk - jokowi - s aya-ng ga k -mikir?nd771104bcj

Survey CSIS, Menempatkan Jokowi Sebagai Capres Pilihan. 2013. Artikel. Melalui: http://progresivenews. com/2013/12/02/surveycsismenempatkan- jokowi-sebagaicapres- pilihan/

Susilo, Richard. 2013. Sosok Jokowi di media besar Jepang Mainichi Shimbun. Artikel. Melalui: http: / /www. tribunnews.com/ internasional/2013/09/27/sosokjokowi- di-media-besar-jepangmainichi- shimbun




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.